Kabar yang sebenarnya cukup mengejutkan datang dari salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia, Institut Pertanian Bogor (IPB). Pada awal tahun 2019 ini IPB mengajukan usulan ke Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk mengubah nama. Kabarnya, perubahan nama tersebut telah direstui Kemenristekdikti dan akan diluncurkan pada Rabu, 30 Januari 2019.

Institut Pertanian Bogor (IPB) mengubah penyebutan namanya dalam terjemahan bahasa Inggris menjadi IPB University. Perubahan ini bertujuan untuk menyederhanakan dari nama sebelumnya yaitu Bogor Agricultural University.

Rektor IPB Dr Arif Satria mengatakan, IPB tidak akan berubah status, hanya mau mengubah nama dari sebelumnya bernama Bogor Agricultural University menjadi IPB University.

“Jadi kita mengubah terjemahan saja. Tidak mengubah nama versi bahasa Indonesia,” ungkap Arif Satria seperti dilaporkan oleh Radar Bogor. Alasan dipilihnya kata 'university', diawali dengan pemikiran bahwa telah lama IPB menawarkan program studi yang lebih banyak dan luas, enggak cuma aspek pertanian dan kelautan saja.

Selain nama, IPB University juga mengubah slogannya dari 'Searching and Serving the Best' menjadi 'Inspiring Innovation with Integrity'. 'Integrity' sendiri merupakan kata yang sering direkatkan terhadap IPB, baik itu menggambarkan lulusannya, pengajarnya, mahasiswanya, dan seluruh civitasnya.

Sementara 'innovation' telah lama dibuktikan oleh IPB dengan berbagai penghargaan yang diberikan oleh lembaga di dalam dan di luar negeri. Lalu kata 'inspiring' bermakna mencerahkan dan memberikan ide untuk berbuat sesuatu yang baik.

Penelusuran GNFI, di website resmi IPB yakni IPB.ac.id, perubahan tersebut sudah bisa dilihat di banner utama dengan latar belakang berwarna biru.

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu