Domain .id : Pengguna Makin Meningkat, Hingga Dilirik Mancanegara

Domain .id :  Pengguna Makin Meningkat, Hingga Dilirik Mancanegara

unsplash

Minat masyarakat Indonesia akan domain .id semakin meningkat. Hal ini dinyatakan oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). Hingga akhir 2018, sekitar 281ribuan situs telah menggunakan domain .id . Ini berarti naik 12% dibandingkan tahun 2017.

Sebanyak 271.193 (96.35%) pengguna domain .id dari Indonesia, sedangkan sisanya pengguna dari luar negeri.

Dalam laporan tahunan PANDI, total pengguna domain .id di Indonesia mencapai 271,193 atau sekitar 96,35%. Sedangkan, pengguna di luar negeri mencapai 10,274 atau sekitar 3,65%.

1 juta domain

Dari 10.274 atau sekitar 3.65% pengguna dari luar negeri digunakan oleh situs dari Amerika serikat, Singapura, Australia, Jepang, dan negara lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa domain .id sudah mendunia.

Diluncurkan pada tahun 2014, pengguna country code domain tersebut terus meningkat. Penggunaan domain .id juga harus tunduk terhadap undang-undang dan peraturan Indonesia. PANDI juga berkewenangan dalam mengurus pendaftaran terhadap domainnya. Hal ini juga termasuk menolak pendaftaran, menonaktifkan sementara, bahkan menghapus nama domain yang melanggar peraturan perundang-undangan Indonesia.

Penyelesaian Perselisihan Nama Domain (PPND) yang diterima oleh PANDI seperti, jokowiamin.id, electronicsolution.id, morganstanley.id, atau boehringer.id.

"PPND adalah solusi yang terbaik atas kesalahan nama domain. Kami akan selesaikan sesuai prosedur," ujar Tinuk Andriyanti Asianto, Direktur Layanan, Pemasaran, dan Komunikasi PANDI yang dikutip dari Katadata

--

Sumber : Katadata.com

Pilih BanggaBangga57%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang43%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Tim Redaksi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Startup Kopi asal Jakarta Ini Disuntik Dana Jutaan Dolar AS Sebelummnya

Startup Kopi asal Jakarta Ini Disuntik Dana Jutaan Dolar AS

Perempuan Penulis dan Cinta Indonesia Selanjutnya

Perempuan Penulis dan Cinta Indonesia

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.