Kelenteng Tertua di Ibukota Tegaskan Harmonisnya Indonesia Dibalik Keragaman

Kelenteng Tertua di Ibukota Tegaskan Harmonisnya Indonesia Dibalik Keragaman
info gambar utama

Kelenteng tertua di ibukota, Kelenteng Kim Tek Le, juga dikenal sebagai Kelenteng Dharma Bhakti, yang terletak di Jl. Kemenangan III di Glodok, Jakarta Barat, menyediakan nasi kuning dengan harga murah untuk orang kurang mampu seiring dengan menjelangnya perayaan Tahun Baru Imlek.

Manajemen kelenteng menyediakan 75 paket nasi kuning setiap hari bagi mereka yang tinggal di dekat kuil. Setiap paket dijual dengan harga Rp3.000.

"Mereka bisa makan semua yang mereka inginkan hanya dengan Rp3.000," kata pimpinan manajemen Yayasan Dharma Bhakti Gunawan Djayaputra pada hari Jumat seperti dikutip dari tempo.co.

Pelepeasan burung pipit di Kelenteng Dharma Bhakti | Sumber: GenPI.co
info gambar

Nasi kuning tersebut dijual di kompleks kelenteng di "Warung Nasi Kuning Halal" dari pukul 11:30 hingga 12:30 siang setiap hari, sejak pertama kali ditawarkan pada 16 Januari dan akan terus dijual hingga Tahun Baru Imlek pada tanggal 5 Februari.

Gunawan mengatakan bahwa yayasannya bekerja sama dengan penjual nasi kuning dari sekitar kelenteng untuk memasok paket tersebut. Paket biasanya berharga Rp 12.000.

Gagasan untuk menyediakan makanan bagi orang kurang mampu dimulai saat Ramadhan pada tahun 2018.

Pengunjung memenuhi kelenteng Dharma Bhakti | Sumber: Viva
info gambar

Dibangun pada tahun 1650, Kelenteng Dharma Bakti adalah kelenteng tertua di Jakarta. Sekitar 5.000 umat Buddha merayakan Tahun Baru Imlek di kelenteng ini tahun lalu. Manajemen kuil memperkirakan lonjakan pengunjung untuk perayaan tahun ini

Sumber: Jakarta Post

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini