5 Lokasi Makan Durian Terbaik di Indonesia

5 Lokasi Makan Durian Terbaik di Indonesia
info gambar utama

Eje Kim, seorang ahli geografi dari Korea Selatan berumur 46 tahun yang meluncurkan bukunya Happy Yummy Journey di Makassar International Writers Festival 2018 di Makassar, Sulawesi Selatan menyebutkan bahwa Indonesia memiliki durian terbaik.

Kim telah berkeliling dunia untuk melakukan penelitian dan secara teratur mengunjungi nusantara hanya untuk menikmati durian lokal. Buku Happy Yummy Journey itu sendiri berisikan petualangannya ke negara-negara ASEAN untuk mencicipi durian dan berinteraksi dengan penduduk setempat.

"Durian Indonesia memiliki rasa [hebat] yang hanya bisa Anda bayangkan. Duriannya juga memiliki varietas yang banyak. [Sementara itu] durian Malaysia dan Thailand lebih artifisial, tidak alami dan kurang keanekaragaman," tambahnya.

Bahkan Kim juga memberikan rekomendasi tempat makan durian terbaik di Indonesia, berikut daftar 5 lokasi makan durian terbaik di Indonesia menurut Kim seperti dikutip dari Jakarta Post:

Eje Kim berbicara kepada hadirin selama peluncuran bukunya
Eje Kim berbicara kepada hadirin selama peluncuran bukunya "Happy Yummy Journey" di Festival Penulis Internasional Makassar di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 5 Mei | Foto: Keshie Hernitaningtyas / Jakarta Post

Tangkahan, Sumatra Utara

Kim mendeskripsikan Tangkahan sebagai "mekkah durian", Tangkahan ini menjadi salah satu tempat favoritnya untuk menikmati buah durian selama di Indonesia.

"Selain itu Tangkahan juga merupakan habitat orangutan," tambahnya.

Sebagai tujuan ekowisata di Kabupaten Langkat, Tangkahan dapat dengan mudah dicapai dengan naik bus angkutan umum milik negara PT Bus Damri. Dibutuhkan waktu empat hingga lima jam berkendara dari Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang.

Orangutan di Tangkahan | Sumber: Enchanting Travels
info gambar

Sumatra Barat

Kota-kota di Sumatra Barat, khususnya Padang, Payakumbuh, dan Bukittinggi yang merupakan pusat budaya Minangkabau, juga masuk dalam daftar destinasi durian yang harus dikunjungi oleh Kim.

"Semua desa di Sumatra Barat memiliki musim yang berbeda untuk durian lezat, yang berarti Anda dapat memakan buah kapan saja," katanya.

Sulawesi

Wilayah Sulawesi disebut-sebut sebagai destinasi yang menarik bagi pecinta buah durian.

"Makassar dan daerah di dekat Tana Toraja, misalnya, memiliki durian khusus," kata Kim.

Bali

Bali sudah menjadi destinasi populer di kalangan wisatawan asing, selain itu Bali juga merupakan tempat yang tepat untuk berburu durian juga, kata Kim.

Di antara kabupaten di Bali yang terkenal dengan durian mereka adalah Buleleng dan Tabanan.

Ambon, Maluku

Banjir durian di Ambon | Sumber: Maluku Manise
info gambar

Kim juga menyebut Ambon sebagai salah satu tempat favorit untuk menikmati durian.

Desa di Ambon seperti Toisapu dan Negeri Amahusu merupakan desa-desa yang terkenal dengan duriannya. Selain itu bagi wisatawan yang ingin menikmati buah durian, buah ini dapat dengan mudah ditemukan di tempat-tempat populer di Ambon, seperti Pantai Losari dan Pasar Mardika.


Sumber: Jakarta Post

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini