Meskipun Tajam, Kulit Durian Bermanfaat Untuk Lingkungan Lho!

Meskipun Tajam, Kulit Durian Bermanfaat Untuk Lingkungan Lho!
info gambar utama

Saat berbicara mengenai durian, reaksi setiap orang akan berbeda-beda dalam menanggapinya. Ada yang dengan semangatnya memberitahukan kegemarannya terhadap durian, namun ada pula yang memberikan raut reaksi wajah yang seolah dirinya bahkan tak sanggup untuk membahasnya saking ia tidak menyukainya.

Terlepas dari pro dan kontra mengenai buah yang dijuluki raja dari buah ini, ternyata meskipun memiliki kulit yang berduri, bagian yang tampak paling tidak penting tersebut juga memiliki manfaat yang dapat menyelamatkan bumi jika dimanfaatkan secara massal.

Para peneliti dari Nanyang Technological University (NTU) Singapura telah menemukan cara untuk mengubah kulit durian menjadi bahan kemasan yang dapat terbiodegradasi.

Pektin adalah bagian alami dari makanan manusia, dan dapat ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Sebagian besar buah - seperti pir dan apel - mengandung sejumlah besar pektin.

Durian, Raja Buah | Sumber: Enca.com
info gambar

Struktur selai pada umumnya dapat bertahan berkat pektin, selain itu pektin juga berfungsi sebagai perekat pada dunia medis, selain itu, Profesor William Chen, direktur program sains dan teknologi pangan NTU, telah menemukan cara untuk mengekstrak pektin dari kulit durian dan mengubahnya menjadi bahan kemasan biodegradable.

Untuk mengekstrak pektin dari kulit durian, duri-duri tersebut perlu dipotong, kemudian ditumbuk dan diparut untuk menghasilkan bubuk selulosa. Bubuk tersebut yang kemudian digunakan untuk membuat lembaran bahan biodegradable.

Bahannya mengkilap dan sedikit keruh - dan bisa terdegradasi dalam waktu satu bulan jika diletakkan di tanah. Jika diperlukan, pewarnaan bahan dapat diubah dengan memasukkan warna ke dalam selulosa.

Prof Chen dan timnya sedang dalam pembicaraan dengan beberapa perusahaan makanan dan minuman untuk bekerja mengkomersialkan bahan tersebut.

Jadi, buat kalian yang gemar mengkonsumsi buah durian, selamat! Secara tidak langsung kalian membantu menyelamatkan bumi, asalkan rencana untuk mengkomersialkan kemasan dari olahan kulit durian tersebut bisa menjadi nyata.

Semoga saja dalam waktu dekat ya!


Sumber: Jakarta Post

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini