Rangkasbitung dan Sang Legenda Rock Dunia

Rangkasbitung dan Sang Legenda Rock Dunia
info gambar utama

Bagi penggemar musik hard rock, nama Van Halen pasti akan selalu muncul. Grup band dari Pasadena, California ini terkenal dengan lagu-lagu berirama cepat yang memacu adrenalin. Nama Van Halen sendiri memang diambil dari 2 bersaudara yang mengawaki grup tersebut, yakni Eddie Van Halen (gitaris) dan Alex Van Halen (drummer).

Melihat namanya, kita mafhum, ada unsur Belanda di sana, dan memang mereka berdarah Belanda...dan juga berdarah Indonesia. Sudah lama kita tahu jika dua bersaudara pendiri band legendaris Van Halen memiliki darah keturunan Indonesia, namun siapa yang tahu jika ibunda mereka lahir di Banten?

Eddie dan Alex (drum) | Ultimate Classic Rock
Caption

Dilansir dari majalah Rolling Stones, di sebuah wawancara unik dan santai yang dilakukan oleh vokalis David Lee Roth dengan dua bersaudara gitaris Eddie dan drummer Alex Van Halen yang diunduh ke situs resmi Van-Halen.com beberapa tahun lalu secara tak terduga banyak membahas tentang asal-usul orangtua mereka selama tinggal di Indonesia yang saat itu masih menjadi koloni Belanda.

Menanggapi pertanyaan Lee Roth, Eddie bercerita bahwa orang yang paling berambisi menjadikan mereka berdua sebagai musisi justru sang ibunda, Eugenia, yang keturunan Indonesia.

Alex kemudian bercerita bahwa ayah mereka pergi ke Indonesia karena terikat kontrak radio selama enam minggu awalnya namun malah memanjang sampai enam tahun. Menurutnya ayahnya sangat senang dengan iklim tropis di sana dan kemudian bertemu dengan perempuan Indonesia yang kemudian berlanjut ke jenjang pernikahan. Ketika Indonesia kemudian merdeka semua orang asing yang berada di negara tersebut hijrah ke Belanda, termasuk kedua orang tua Eddie dan Alex.

Eugiana, dari Rangkasbitung | youtube.com
info gambar


Yang cukup mengejutkan adalah ketika Lee Roth bertanya dari daerah mana di Indonesia ibu mereka berasal.

Eddie menjawab seraya tertawa, "Rangkasbitung."

"Apa artinya itu?" tanya Lee Roth heran.

"Itu nama kotanya, tempat dimana ibu saya dilahirkan," jelas Alex lagi.

Jika menilik sejarahnya, kota Rangkasbitung yang merupakan ibukota Lebak (kini bagian dari propinsi Banten) memang pada era penjajahan dulu banyak dihuni oleh orang-orang Belanda.

Kapan datang ke Indonesia ya, Eddie dan Alex ?

Sumber : Rollingstones.com | Youtube.com | gambar utama : musictour.eu

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini