Teman-teman penyuka martabak manis, mungkin familiar dengan Markobar, bukan? Markobar yang merupakan singkatan dari Martabak Kota Barat adalah perusahaan kuliner yang menawarkan terang bulan premium milik Gibran Rakabuming Raka.

Diketahui Markobar mulai hadir di Indonesia pada tahun 2015 di kota asalnya, Solo dan mulai berkembang merambah kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Medan, Banjarmasin, dan banyak lagi.

Martabak premium 8 rasa Markobar | Sumber: GudegNet
Martabak premium 8 rasa Markobar | Sumber: GudegNet

Tidak hanya itu, Markobar juga sering beberapa kali menampakkan diri di pasar Filipina dengan mengikuti pameran-pameran kuliner yang diakui oleh Gibran bahwa antusias masyarakat Filipina sangat besar dalam menyambut Martabak Manisnya.

Berangkat dari hal ini, Markobar akan melebarkan sayapnya merambah pasar Filipina dengan membuka gerai di negeri tersebut.

Rencana ini memang sudah ada sejak tahun lalu dan masih menunggu izin usaha dari pemerintah setempat, belum dapat dipastikan kapan ekspansi ini akan mulai beroperasi. Meskipun begitu, Gibran menyebutkan bahwa sudah memiliki lokasi untuk membuka gerai Markobarnya di Filipina.

Markobar Medan | Sumber: Medan Review
Markobar Medan | Sumber: Medan Review

Lokasinya akan bertempat di salah satu mall yang ada di ibu kota Filipina, Manila. Karena bertempat di mall, Markobar perdana di luar negeri ini tidak akan mengadopsi konsep gerai Markobar yang ada di Indonesia yang menggunakan kontainer.

Gibran juga menyatakan bahwa seluruh bahan-bahan yang dibutuhkan akan dibawa dari Indonesia. Namun ia menyebutkan bahwa akan ada penyesuaian mengenai rasa. "Cokelatnya akan berbeda. Ini akan berada di negara yang berbeda, jadi kami akan menyesuaikan dengan selera lokal," ucap Gibran.

Adapun dengan ekspansi ini ia membawa misi untuk mengenalkan kuliner Indonesia ke warga Filipina.


Sumber: Kompas | IndoManila | Okezone | Ramesia

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu