Perusahaan waralaba makanan lokal Kebab Turki Baba Rafi akan membuka gerai di Kolkata, India, pada bulan Juni mendatang, seperti dikutip dari kompas.com.

Didirikan di Surabaya, Jawa Timur, pada tahun 2003, waralaba ini dikenal dengan kebab Turki bergaya Indonesia.

Container Kebab Baba Rafi | Sumber: Indoblognet
Container Kebab Baba Rafi | Sumber: Indoblognet

Sebelum merambah negara Bollywood, sebelumnya perusahaan tersebut juga telah membuka gerai di beberapa negara, yakni Malaysia, Filipina, Bangladesh, Singapura, Sri Lanka, Brunei Darussalam, Tiongkok, dan Belanda.

Dalam pernyataan yang dikutip dari The Jakarta Post, Hendy Setiono selaku CEO perusahaan itu mengatakan "Baba Rafi telah beroperasi selama lebih dari 15 tahun dan kami terus mengembangkan bisnis kami dengan memprioritaskan sistem yang menguntungkan, terjangkau, dan inovatif."

Kemasan Kebab Turki Baba Rafi | Sumber: visiteiffel
Kemasan Kebab Turki Baba Rafi | Sumber: visiteiffel

Sehubungan dengan ekspansi perusahaan ke India, Hendy mengatakan India dan Indonesia berbagi kesamaan dalam rasa makanan. Selain itu, populasi besar negara itu dianggap sebagai pasar potensial untuk pengembangan bisnis.

Hendy mengatakan dia memilih sistem waralaba karena dia ingin Kebab Turki Baba Rafi berkontribusi pada pertumbuhan kewirausahaan di Indonesia. Menurut Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), waralaba adalah salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan rasio kewirausahaan Indonesia.

“Sudah waktunya bagi pengusaha lokal yang telah berhasil mengembangkan bisnis mereka untuk mendukung pengusaha muda dan UKM Indonesia,” tambah Hendy

Sumber: Jakarta Post

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu