• Dua turnamen tersebut adalah Piala Menpora U-12 dan Kejuaraan Nasional FOSSBI INDONESIA
  • Akan dimulai pada bulan Maret, dan berakhir di Stadion Jakabaring, 11-16 September 2019
  • Ini adalah kali keempat FOSSBI INDONESIA dipercaya sebagai penyelenggara oleh Kemenpora

Penyelenggaraan kompetisi sepak bola usia dini terus digenjot di Indonesia. Usai digelarnya Liga 1 U-19 dan Elite Pro Academy untuk kategori U-16, bulan Maret mendatang akan diadakan Piala Menpora dan Kejurnas FOSSBI. Keduanya merupakan turnamen di kategori usia U-12.

Piala Menpora U-12 akan diadakan bersama Kejurnas FOSSBI (Forum Sekolah Sepak Bola Indonesia). Ini dilakukan lantaran FOSSBI INDONESIA ditunjuk sebagai operator pelaksana di Piala Menpora U-12, sedangkan FOSSBI sendiri memiliki agenda tahunan kompetisi di kelompok usia U-11, U-13, U-14, dan U-15.

“Seremoni kick-off seri daerah rencana akan dilaksanakan di Jakarta tanggal 9 Maret 2019, dan seremoni penutupan Piala Menpora U-12 akan dilaksanakan di Stadion Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan, 11-16 September 2019,” tutur Sekretaris Umum FOSSBI, Anwar Sadat, dikutip dari Kompas.com.

Tahun ini adalah kali keempat FOSSBI INDONESIA dipercaya sebagai penyelenggara kompetisi berjenjang di usia dini. Sebelumnya, forum yang diketuai oleh Zuchii Imran Putra ini mendapat mandar dari Menpora Imam Nahrawi untuk menjalankan Piala Menpora 2018, sebagai satu dari lima kompetisi usia dini dari Kemenpora.

Gelaran Piala Menpora 2018 berjalan sukses, dengan menggelar babak final di Stadion Batakan, Balikpapan, pada 30 Agustus 2018. Kesuksesan ini kemudian mendapat apresiasi tinggi dari Kemenpora dan PSSI.

Output dari penyelenggaraan ini tentunya membawa banyak manfaat buat para insan sepak bola khususnya Usia dini dan Usia Muda. Karena, selain menjadi wadah pembinaan dan kompetisi serta menerapkan FILANESIA, juga aplikasi ini banyak memberikan sumber bank data yang dapat juga dijadikan informasi total SSB, kepesertaan, performa peserta di seluruh Indonesia dan masih banyak lagi sumber data yang dapat diambil dari aplikasi tersebut,” terang Anwar.


Sumber: Kompas Bola, Kompas.com

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu