Ternyata Nama Mobil "Kijang" Sebuah Akronim. Apa Kepanjangannya?

Ternyata Nama Mobil "Kijang" Sebuah Akronim. Apa Kepanjangannya?
info gambar utama

Mobil buatan Indonesia yang bernama kijang adalah produksi pabrik Toyota di Indonesia. Hingga saat ini sudah jutaan mobil kijang yang terjual dari Sabang hingga Merauke. Mobil yang populer sejak tahun 1980-an ternyata menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia.
Mobil ini juga bisa dibilang mobil nasional karena kandungan lokal pada kijang paling tinggi dibandingkan mobil-mobil merk lainnya.

Sumber : Anadolu Agency
info gambar

Namun tahukah kawan bahwa nama kijang ternyata sebuah singkatan, yaitu kerja sama Indonesia Jepang. Nama tersebut dipilih oleh Jusuf Kalla yang saat ini ini menjadi wakil presiden Indonesia.

Dikutip dari Kompasiana, Gugun gunanto menceritakan pengalamannya ketika berkunjung ke museum Astra dan menemukan foto Jusuf Kalla pada tahun 70-an.

Sumber : carmudi
info gambar

Foto itu tidak jauh dari sebuah Toyota pick up lama berwarna kuning (orange?).
Pada foto tersebut Jusuf Kalla mengikuti perkumpulan distributor utama Toyota dari seluruh Indonesia. Dari acara tersebut Jusuf Kalla mengusulkan nama kijang.

Kabarnya nya mobil Toyota kijang pertama yang memiliki jenis pick up tersebut memiliki kapasitas 1166 cc dengan sistem transmisi terjual sebanyak 26.000 unit.

--

Sumber : TribunNews, IDN Times

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini