• Perludem baru saja meluncurkan pintarmemilih.id, sebuah situsweb yang berisi informasi lengkap para calon wakil rakyat.
  • Situsweb ini dirancang dengan menggandeng KPU dan Bawaslu, untuk menyediakan segala informasi tentang Pemilu 2019.
  • pintarmemilih.id memiliki banyak fitur unggulan, di antaranya biodata lengkap calon wakil rakyat dan lokasi TPS terdekat.

Memilih itu terkadang sulit, karena menentukan pilihan bisa membuat pikiran orang jadi berbelit-belit. Tak hanya memilih pekerjaan, sekolah, atau jodoh, memilih wakil rakyat pun bisa dilematisnya minta ampun. Namun kegundahan itu kini bisa teratasi dengan bantuan Pintar Memilih.

Apa itu Pintar Memilih? Ini merupakan situsweb yang dirancang oleh Perludem (Perkumpulan Pemilu dan Demokrasi), yang bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), organisasi Kok Bisa, Google Indonesia, dan Cek Fakta.

Tujuan utama pembuatan situsweb pintarmemilih.id adalah untuk memberi informasi apapun tentang Pemilu 2019 pada penggunanya, seperti profil calon wakil rakyat yang terdiri dari calon legislatif (caleg), calon presiden (capres), dan calon wakil presiden (capres), sampai partai-partai pendukungnya.

Informasi tentang calon-calon wakil rakyat dapat diakses secara detail di pintarmemilih.id, contohnya visi misi, biodata, riwayat hukum, akun media sosial, dan bagaimana penggunaan dana kampanye.

“Kita ingin agar adanya transparansi informasi kepada publik tentang Pemilu nanti. Serta akses yang mudah dan daya jangkau luas lewat aplikasi. Kita juga ingin melibatkan masyarakat turut aktif berkontribusi,” ujar Direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggraini, dalam acara peluncuran pintarmemilih.id di Jakarta, Selasa (19/2) lalu.

Untuk mengakses informasi di pintarmemilih.id caranya sangat mudah. Pengguna tinggal mengetik provinsi yang ingin dicari di laman “Kenali Calon Wakil Rakyat”, kemudian akan tersedia opsi lembaga seperti DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kab Kota, dan DPD RI.

Setelah salah satu opsi diklik, akan terlampir daftar calon wakil rakyat beserta nama lengkapnya. Beberapa nama sudah lengkap terisi informasi detailnya, sedangkan beberapa nama lainnya masih berupa nama dan kota saja.

Mengenai data-data yang terdapat di situsweb ini terjamin akurat karena Perludem bekerja sama dengan cekfakta.com, Google News Initiative, Internews, FirstDraft, sederet media daring di Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI), dan Asosiaso Media Siber Indonesia (AMSI).

Keunggulan lain yang dimilik pintarmemilih.id adalah pengguna bisa mengetahui di mana saja lokasi TPS terdekat. Ini bisa sangat bermanfaat, karena jumlah TPS di Pemilu 2019 bertambah jauh lebih banyak dibanding Pemilu 2014.***

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu