• Jelang dimulainya UN dan SBMPTN, Ruangguru meluncurkan fitur-fitur baru disertai dengan tampilan segar.
  • Fitur-fitur tersebut antara lain adalah ruangbelajar, ruangbelajar for desktop, dan roboguru.
  • Fitur baru ini dapat membantu pengguna semakin mudah mengakses soal-soal latihan di Ruangguru.

Dengan waktu penyelenggaraan UN dan SBMPTN yang semakin dekat, aplikasi Ruangguru meluncurkan fitur baru. Namanya ruangbelajar, yang dapat membantu perispan siswa menghadapi UN dan SBMPTN 2019.

Di ruangbelajar, beragam materi konten telah disiapkan Ruangguru, seperti soal dan video pembahasan SBMPTN dari tahun 2014-2018. Ada juga prediksi soal untuk UTBK SBMPTN 2019, dan setiap pengguna Ruangguru bisa mengikuti tryout online gratis untuk menghadapu UN dan SBMPTN 2019.

Selain penambahan materi konten, Ruangguru juga mengubah tampilannya menjadi lebih segar. Di perubahan pertama, pengguna dapat langsung mengakses ruangbelajar pada halaman utama dengan memilih jenjang, kurikulum, dan mata pelajaran yang diinginkan.

Dilansir dari siaran pers yang diterima GNFI, video-video belajar beranimasi yang terdapat dalam ruangbelajar juga kini bisa diunduh ke SD (Secure Digital) card, sehingga pengguna bisa menonton video tanpa perlu memakai kuota internet.

ruangbelajar pun juga bisa dibuka di PC dan laptop melalui ruangbelajar for desktop, yang bisa diakses di sistem operasi windows dan macOS. Ini dapat menambah kenyamanan pengguna karena aplikasi bisa ditampilkan di layar yang lebih besar, tak lagi sebatas gawai ponsel pintar.

Fitur baru menarik lainnya adalah roboguru, yakni robot yang dapat menjawab soal latihan Ujian Nasional (UN) dan SBMPTN. Pengguna bisa mengirim soal yang dirasa sulit dalam bentuk foto kemudian di-upload, kemudian roboguru akan memperlihatkan lima soal dan jawaban yang paling relevan dengan pertanyaan tersebut.

“Dulu, kalau mau ujian, latihan soal biasanya jadi salah satu komponen persiapan yang wajib dilakukan. Nah, Ruangguru ingin mempermudah aktivitas ini dengan meluncurkan roboguru. Siswa tinggal foto saja soal-soal latihan UN & SBMPTN nya, nanti roboguru secara otomatis akan memunculkan jawaban serta tahap menjawabnya hanya dalam waktu beberapa detik,” ujar CPO dan pendiri Ruangguru, Iman Usman.

“Selain itu, juga akan ditampilkan soal-soal lain yang serupa dengan tipe soal yang difoto oleh siswa. Dengan sistem ini, kita berharap belajarnya siswa bisa jadi lebih praktis. Layanan ini juga bisa dicoba gratis sekarang,**

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu