Ada Apa Saja di Mandalika?

Ada Apa Saja di Mandalika?
info gambar utama
  • Kepopuleran Mandalika kian meningkat usai terpilih sebagai tuan rumah MotoGP Indonesia 2021.
  • Namun sebuah wilayah di NTB ini tak hanya terkenal karena MotoGP, tapi juga destinasi wisatanya.
  • Ada 7 tempat wisata populer di Mandalika, mulai dari pantai, bukit, hingga festival tradisional.

Terpilihnya Mandalika sebagai tuan rumah MotoGP Indonesia membuat popularitasnya semakin meningkat. Sebab, daerah seluas 1.034 hektare ini sebelumnya telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), dengan beragam pesona wisata yang memikat mata.

Setidaknya ada 7 tempat wisata yang mempesona di Mandalika, dan ada satu festival tradisional yang melegenda di daerah tersebut. Yuk kita intip ada apa saja di Mandalika!

Pantai Kuta Mandalika | Foto: traveler.id
info gambar

Pantai Kuta Mandalika

‘Pesaing’ pantai Kuta di Bali adalah pantai Kuta Mandalika, yang terletak di ujung barat Mandalika. Di pantai Kuta yang satu ini, suasananya lebih tenang dan lingkungannya lebih bersih ketimbang pantai Kuta Bali, dan perkembangannya dinilai yang paling pesat dibandingkan destinasi wisata lain di Mandalika.

Pantai Batu Payung | Foto: lombokmandalika.co.id
info gambar

Pantai Batu Payung

Berlokasi di Lombok Tengah, pantai ini sangat unik. Tidak ada hamparan pasir putih, hanya berupa batuan, karang-karang besar, dan pemandangan utamanya yakni batu besar yang berbentuk seperti payung kuncup. Batu ini terbentuk dari erosi, gerusan air laut, dan gerusan angin selama ribuan tahun.

Suasana di festival Bau Nyale | Foto: Istimewa
info gambar

Festival Bau Nyale di Pantai Seger dan Pantai Serenting

Ini merupakan sebuah festival tradisional di Mandalika. Setahun sekali warga setempat berkumpul di pantai Seger untuk mengumpulkan cacing laut atau Nyale, yang juga boleh diikuti oleh para wisatawan. Cacing ini dipercaya adalah jelmaan Putri Nyale, dan ada monument Putri Nyale pula di sana. Festival juga bisa dijumpai di pantai Serenting, jika pantai Seger tidak mampu ‘menampung’ jumlah warga dan wisatawan.

Ombak di pantai Gerupuk | Foto: id.lombokindonesia.org
info gambar

Pantai Gerupuk

Kalau kamu suka berselancar, spot terbaiknya di Mandalika ada di pantai Gerupuk! Terletak di ujung timur Mandalika, pantai ini juga memiliki surf camp buat para pengunjungnya. Level ombaknya bervariasi, sehingga peselancar pemula pun dapat bermain di sini.

Keindahan bukit Merese | Foto: trivindo.com
info gambar

Bukit Merese

Tak hanya pantai, Mandalika juga memiliki spot pemandangan indah dari atas bukit. Di Bukit Merese yang letaknya antara pantai Serenting dan pantai Tanjung Aan. Perjalanan menuju puncak bukit cukup menguras energi, tetapi panorama yang didapat saat tiba di sana sungguh memikat mata.

Hamparan pasir putih di pantai Tanjung Aan | Foto: trover.com
info gambar

Pantai Tanjung Aan

Berbentuk melengkung dan hamparan pasir putih, pantai Tanjung Aan sungguh menggoda untuk dikunjungi. Di pantai ini juga ada ayunan dari batang pohon yang menjadi tempat favorit para pengunjung untuk berfoto.


Sumber: pedomanwisata.com, pegipegi, detikTravel

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini