Selamat Datang di Taman Nasional Way Kambas, Bayi Gajah!

Selamat Datang di Taman Nasional Way Kambas, Bayi Gajah!
info gambar utama

Seekor gajah liar betina bernama Meli melahirkan seekor anak gajah jantan di Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di Kabupaten Lampung Timur, Lampung, pada hari Selasa, seperti dikutip dari Antara.

Kepala Balai TNWK, Subakir mengatakan anak gajah dari induk bernama Meli tersebut lahir pada pukul 3.50 pagi di Camp Elephant Respond Unit (ERU) di Braja Harjosari.

Adapun gajah jantan yang baru lahir tersebut merupakan anak dari perkawinan gajah Meli dengan gajah jantan bernama Rendi pada 6 Juni 2017 lalu.

Anak gajah tersebut lahir dengan berat 113 kilogram dan panjang 84 sentimeter.

Gajah tersebut adalah anak gajah kedua yang lahir di Taman Nasional Way Kambas tahun 2019 ini. Pada bulan Januari yang lalu, seekor gajah betina bernama Wulan melahirkan anak gajah betina di kamp yang sama.

Dengan kelahiran 2 bayi gajah tersebut, total gajah di Taman Nasional Way Kambas bertambah 14 ekor gajah terhitung sejak tahun 2016.

Subakir mengatakan peningkatan kelahiran gajah dalam empat tahun terakhir didukung oleh beberapa faktor, seperti air minum, tempat mandi dan sumur yang bersih, menjelaskan bahwa fasilitas ini dibantu oleh pemberi pinjaman milik negara Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan World Wide Fund for Nature (WWF).

"Selain makanan, air bersih juga menentukan kesehatan gajah," katanya.


Sumber: Antara | Jakarta Post

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini