Tak Mau Kalah dengan Jazz, Festival Dangdut akan Digelar Juli Ini!

Tak Mau Kalah dengan Jazz, Festival Dangdut akan Digelar Juli Ini!
info gambar utama

Gelaran festival musik Jazz tahunan, BNI Java Jazz 2019, telah berakhir. Dengan bertempat di Jiexpo Kemayoran, salah satu festival musik besar ini menampilkan 100 penampil di 11 panggung. Mereka di antaranya adalah Andien, Isyana Sarasvati, Kahitna, Yura Yunita, Sheryl Sheinafia, Afgan, Akustik Tohpati feat. Sheila Majid, Dewa Bujana feat. Mohini Dey & Soimah, Harvey Malaihollo, Kunto Aji, Hi-Vi!, dan masih banyak lagi.

Tiap tahun, festival musik ini mengangkat tema yang berbeda-beda. Di tahun ke-15 ini, mereka memilih tema Broadway dan Motown.

Jazz sendiri adalah aliran musik berasal yang dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa.

Selain festival musik Jazz, masih ada beberapa festival musik lainnya yang laris diminati banyak orang. Seperti Djakarta Warehouse Project untuk musik EDM, Hammersonic untuk musik metal, dan Javarockin’land untuk musik Rock. Lalu adakah festival musik asli Indonesia?

Indonesia memiliki beberapa genre musik asli nusantara, seperti keroncong, campursari, dan musik khas daerah yang mungkin jumlahnya puluhan. Namun ada satu genre musik yang peminat dan penikmatnya sangat banyak, bahkan hingga ke mancanegara, yaitu dangdut.

Musik dangdut kini tidak hanya dinikmati oleh masyarakat Indonesia saja, negara tetangga hingga orang Amerika pun menikmati alunan “dang-ding-dut” ini. Genre ini juga dinikmati oleh berbagai kalangan, mulai dari tukang becak hingga pejabat. Ajang kelas internasional pun sering dilakukan oleh salah satu stasiun TV swasta, seperti Dangdut Academy Asia.

Kabar baiknya, Indonesia akan memiliki sebuah festival musik dangdut, yaitu 'Digoda Fest 2019'. Dengan tema 'Indonesia Dangdut Festival 1.0', festival ini akan dihelat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dengan menghadirkan banyak penyanyi dangdut seperti seperti Zaskia Gotik, Fitri Karlina, Ayu Soraya, Bunga Rampai, hingga Ridho Rhoma.

Sumber : Kapanlagi
info gambar

"Saya bahagia banget. Jazz sudah ada festival, bahkan musik elektro juga ada festivalnya. Dangdut acara banyak. Tapi, festival belum ada dan ini di bikin. Saya menyambut dengan senang banget sih," ujar Ridho yang dikutip dari Detik.

Festival ini juga memiliki beberapa panggung layaknya festival musik lainnya, seperti panggung festival dangdut, panggung legenda, panggung Dang, panggung Dut, dan panggung klasik (melayu/klasik).

Selain konser, beberapa kegiatan juga akan direncanakan seperti diskusi, seminar, dan forum dangdut Indonesia, workshop dangdut, bazaar, hingga puncak acara Digoda Award.

Acara yang akan digelar pada 6 Juli 2019 ini juga akan dimeriah oleh Rhoma Irama, Siti Badriah, dan Rita Sugiarto.

--

Sumber : Detik, Wikipedia, Jadiberita.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini