KIPIN Menembus Singapura

KIPIN Menembus Singapura

KIPIN saat diluncurkan di SMA Labschool UNESA © pendidikan.id

  • KIPIN per akhir Februari lalu memperluas jangkauannya ke Singapura.
  • Di sana, KIPIN ditempatkan di Sekolah Indonesia Singapura (SIS) Ltd.
  • Ini melanjutkan ekspansi KIPIN usai diluncurkan di Surabaya dan diperkenalkan di Jakarta.

Usai diluncurkan di Surabaya dan diperkenalkan di Jakarta, KIPIN ATM kini juga menembus Singapura. Mesin perpustakaan digital yang berisi ribuan e-book ini resmi beroperasi di Sekolah Indonesia Singapura Limited (SIS Ltd.), per 27 Februari lalu.

Ini merupakan hal yang spesial, karena selain kali pertama KIPIN menembus batas luar negeri, juga dilakukan setelah satu tahun peluncurannya. “Ekspansi” ini dipersembahkan oleh Bank BRI Singapura sebagai dukungan dan tanggung jawab sosial terhadap pendidikan Indonesia.

Di SIS Ltd., KIPIN ATM ditempatkan di ruang perpustakaan, agar memudahkan akses siswa dan para guru. Sumardiyanto, kepala sekolah SIS Ltd, mengatakan bahwa KIPIN ATM berfungsi memudahkan para siswa dan guru dalam mendapatkan materi pelajaran, terutama bagi SIS Ltd. yang berada di luar Indonesia.

Dibandingkan pengadaan buku cetak yang memakan waktu lama, penggunaan internet untuk mengunduh buku pelajaran dinilai lebih efektif. Oleh karena itu, Sumardiyanto menilai penggunaan KIPIN ATM sebagai sarana belajar siswa merupakan solusi yang tepat.

“Tidak menggunakan internet, mudah diakses semua siswa, dan lebih cepat untuk mendapatkan update materi. Siswa atau guru cukup pergi ke perpustakaan lalu men-download semua materi yang diinginkan ke smartphone mereka,” ucap Sumardiyanto.

Lebih lanjut, Sumardiyanto juga menuturkan para siswa sangat antusias menyambut kehadiran KIPIN ATM di sekolahnya.

“Mereka banyak tertarik untuk membaca komik dan mengerjakan latihan soal. Secara teknis, KIPIN ATM berjalan lancar. Hanya saja ada beberapa soal matematika yang tampilannya masih perlu diperbaiki,” ujarnya.

KIPIN ATM merupakan sebuah mesin digital mirip mesin ATM yang berisi ribuan buku pelajaran sekolah, video pendidikan, latihan soal dan komik literasi untuk jenjang SD, SMP hingga SMA/K.

Akses data pada mesin KIPIN ATM bersifat offline alias tidak menggunakan jaringan internet. Bahkan siswa dan guru bisa mengunduh seluruh data tersebut ke smartphone juga secara offline, tanpa perlu kuota internet. Materi yang sudah terunduh di smartphone, bisa digunakan kapan dan di mana saja secara offline pula.**

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Insan Pariwisata NTB Menggagas Destinasi Wisata Edukasi Khusus Mutiara Lombok Sebelummnya

Insan Pariwisata NTB Menggagas Destinasi Wisata Edukasi Khusus Mutiara Lombok

Agar Lebih Akurat, BMKG akan Menambah Alat Deteksi Gempa Bumi Selanjutnya

Agar Lebih Akurat, BMKG akan Menambah Alat Deteksi Gempa Bumi

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.