Indonesia Bagian Dari Pasifik? Ini Penjelasannya!

Indonesia Bagian Dari Pasifik? Ini Penjelasannya!
info gambar utama

Meskipun Indonesia berada di benua Asia, namun Duta Besar (Dubes) Indonesia Selandia Baru, Samoa, dan Kerajaan Tonga, Tantowi Yahya, menegaskan Indonesia sebagai negara Pasifik, ketika berada di forum negara-negara Pasifik di Wellington.

Forum yang dihadiri oleh para akademisi, pengusaha, perwakilan pemerintah Selandia Baru dan beberapa negara Pasifik ini diselenggarakan di Wellington Club.

Beliau menjelaskan bahwa hal tersebut didukung dengan fakta, yaituletak geografis provinsi-provinsi di timur, antara lain Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berada di Samudra Pasifik.

Tantowi Yahya mengungkapkan dengan bangga ia bahwa Indonesia adalah bagian tak terpisahkan dari Pasifik, bagian dari komunitas Melanesia dan Polinesia di dunia. Oleh karenanya Indonesia, sebagai bagian dari Middle Income Group countries, anggota G-20 dan yang lebih penting lagi sebagai bagian dari Pasifik yang merasa terpanggil untuk berkontribusi di wilayah ini.

Sebuah pameran perdagangan, investasi dan pariwisata, Pacific Exposition 2019, yang akan dihelat di Auckland, Selandia Baru tanggal 12-14 Juli 2019, Tantowi akan menjelaskan hal tersebut pada presentasinya.

“Expo yang baru pertama kalinya diselenggarakan ini adalah inisiatif Indonesia yang kemudian diadopsi menjadi program bersama Indonesia, Australia, dan Selandia Baru dalam kerangka trilateral cooperation,” ujar Tantowi yang dikutip dari Republika.co.id

Pacific Exposition adalah sebuah peluang untuk menghubungkan lima provinsi tersebut dengan negara-negara di regional pasifik secara ekonomi.

--

Sumber : SindoNEWS, Republika

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini