Tidak Banyak yang Tahu kalau Perusahaan-Perusahaan ini adalah BUMN

Tidak Banyak yang Tahu kalau Perusahaan-Perusahaan ini adalah BUMN
info gambar utama

Badan usaha milik negara (BUMN) adalah sebutan dari perusahaan yang dimiliki baik sepenuhnya, sebagian besar, maupun sebagian kecil oleh pemerintah. Hal yang membedakan BUMN dengan badan usaha lain milik pemerintah adalah dari status badan hukum dan sifat operasionalnya, contohnya aktivitas dan komersialnya. BUMN juga dibedakan dari kementerian, lembaga pemerintah nonkementerian, nonstruktural, dan badan layanan umum.

Indonesia memiliki 14 sektor perusahaan BUMN, mulai dari Jasa keuangan hingga transportasi. Perusahaan BUMN Jasa keuangan contohnya adalah PT Bank Mandiri, dan Transportasi adalah PT Garuda Indonesia. Namun ada beberapa perusahaan yang mungkin tidak banyak orang yang tahu jika perusahaan tersebut adalah perusahaan BUMN. Berikut adalah beberapa daftarnya :

  1. Hotel Indonesia Natour
Sumber : Traveloka
info gambar

Hotel Indonesia Natour (Persero) adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penyediaan akomodasi, makanan dan minuman. Inna Group Hotel adalah merek yang dioperasionalkan oleh perusahaan ini.

Perusahaan ini hasil dari merger dua perusahaan hotel pelat merah yaitu Hotel Indonesia International dan Natour. Hotel-hotel yang dimiliki Hotel Indonesia International memiliki kapasitas besar seperti Hotel Indonesia-Kempinski, Hotel Ambarukmo, Samudra Beach, Grand Bali, Putri Bali.

  1. Bio Farma
Sumber : tempo.co
info gambar

Perusahaan ini didirikan 6 Agustus 1890. Bio Farma berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup bangsa, baik yang berada di Indonesia maupun mancanegara dengan cara memproduksi Vaksin dan Antisera. Produk dari Bio Farma digunakan lebih dari 130 negara, khususnya negara-negara berkembang dan 50 diantaranya adalah negara yang tergabung dalam organisasi kerjasama Islam. Vaksin yang diproduksi oleh Bio Farma telah memenuhi standar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan mendapatkan pra kualifiasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).

  1. Garam
Sumber : Merdeka.com
info gambar

PT Garam adalah perusahaan yang memproduksi dan memasarkan garam untuk konsumsi. Pada jaman kolonial Belanda, PT Garam didirikan dengan nama awal Jawatan Regie Garam pada tahun 1921. Pada tahun 1937, berganti nama menjadi Jawatan Regie Garam dan Candu (berdasarkan Lembaran Negara No.254 dan diganti Lembaran Negara No.357).Pada tahun 1991, barulah nama perusahaan tersebut menjadi PT Garam (persero).

  1. TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko.
Sumber : nativeindonesia.com
info gambar

Di bidang pariwisata, Indonesia juga memiliki perusahaan yang bernama PT. TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero). Sesuai dengan namanya, BUMN ini mengelola 3 pariwisata yaitu Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Candi Prambanan dan Komplek Ratu Boko di Sleman, Yogyakarta.

BUMN ini sahamnya 100% dimiliki oleh pemerintah Indonesia.

TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko juga mengelola Hotel Manohara di Kawasan Borobudur dan Sendratari Ramayana di Kawasan Candi Prambanan.

--

Sumber : Wikipedia, Traveloka, Merdeka, nativeindonesia.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

FZ
YF
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini