Tidak Banyak yang Tahu kalau Perusahaan-Perusahaan ini adalah BUMN (Part 2)

Tidak Banyak yang Tahu kalau Perusahaan-Perusahaan ini adalah BUMN (Part 2)
info gambar utama

Badan usaha milik negara (BUMN) adalah sebutan dari perusahaan yang dimiliki baik sepenuhnya, sebagian besar, maupun sebagian kecil oleh pemerintah. Hal yang membedakan BUMN dengan badan usaha lain milik pemerintah adalah dari status badan hukum dan sifat operasionalnya, contohnya aktivitas dan komersialnya. BUMN juga dibedakan dari kementerian, lembaga pemerintah nonkementerian, nonstruktural, dan badan layanan umum.

Indonesia memiliki 14 sektor perusahaan BUMN, mulai dari Jasa keuangan hingga transportasi. Perusahaan BUMN Jasa keuangan contohnya adalah PT Bank Mandiri, dan Transportasi adalah PT Garuda Indonesia. Namun ada beberapa perusahaan yang mungkin tidak banyak orang yang tahu jika perusahaan tersebut adalah perusahaan BUMN. Berikut adalah beberapa daftarnya :

5. Kimia Farma

Sumber : BUMNtrack
info gambar

Pada tahun 1817, Pemerintah Hindia Belanda mendirikan perusahaan industri farmasi pertama di Indonesia dengan nama NV Chemicalien Handle Rathkamp & Co. Pada tahun 1958, Pemerintah Republik Indonesia melebur beberapa perusahaan farmasi menjadi PNF (Perusahaan Negara Farmasi) Bhinneka Kimia Farma. Lalu pada tahun 1971, nama perusahaan berubah menjadi PT Kimia Farma (Persero).

6. Produksi Film Negara

Sumber : harian nasional
info gambar

Jika kawan GNFI mengenal Serial teater boneka Si Unyil, Produksi Film Negara atau disingkat PFN lah yang memproduksi. PFN didirikan oleh Albert Balink pada tahun 1934 yang bernama Java Pacific Film.

Film yang diproduksi oleh PFN antara lain Kopral Djono (1954), Serangan Fajar (1981), dan yang paling terbaru adalah Kuambil Lagi Hatiku (2019).

7. Industri Telekomunikasi Indonesia

Sumber : kominfo
info gambar

Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI) adalah BUMN yang fokus di bidang telekomunikasi yang berperan sebagai pemasok utama pembangunan jaringan telepon nasional oleh PT Telkom Indonesia Tbk dan PT Indosat Tbk.

Selain itu, empat operator telekomunikasi terbesar di Indonesia juga menjadi pelanggan utama INTI. Mereka adalah PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), PT Indosat Tbk (Indosat), PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), dan PT XL Axiata (XL).

8. Bali Tourism & Development Corporation (ITDC atau BTDC)

Sumber : ZoomBali

Perusahaan ini bergerak di bidang pariwisata. Perusahaan ini mengelola daerah Nusa Dua menjadi tujuan wisata dunia di Indonesia. Saat ini perusahaan tersebut mendapatkan hak untuk mengelola Kawasan Pariwisata Nusa Dua, Bali dan Mandalika, Lombok.

--

Sumber : Wikipedia, BUMN Track, Harian Nasional, Kominfo, ZoomBali

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini