GNFI Luncurkan KENALI.ID, untuk Kenali Profil Pejabat Publik

GNFI Luncurkan KENALI.ID, untuk Kenali Profil Pejabat Publik

Logo kenali.id © kenali.id

  • Hari ini (2/4) GNFI meluncurkan situsweb kenali.id
  • Situsweb ini digunakan untuk mengetahui profil pejabat publik.
  • Jelang Pemilu 2019, kenali.id berfokus pada profil Calon Anggota Legislatif, dan ke depannya akan dikembangkan untuk menampilkan profil Anggota Legislatif dan pejabat publik di lembaga lainnya.

Dengan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang sudah di depan mata, ternyata masih banyak masyarakat yang belum mengetahui siapa saja Calon Legislatif (Caleg) di Dapilnya. Bahkan, sebagian masyarakat yang diwawancarai secara acak oleh GNFI mengatakan ia belum tahu berada di Dapil mana.

Situasi ini sangat disayangkan, karena KPU sebenarnya sudah membuka data caleg agar dapat diakses oleh publik melalui situswebnya. Namun, dominasi pembicaraan tentang Pemilu masih belum bergeser dari seputar calon presiden dan wakil presiden.

Inilah yang kemudian melatari Good News from Indonesia (GNFI) meluncurkan kenali.id, sebuah situsweb untuk mengenali profil pejabat publik, baik yang dalam proses pencalonan maupun yang sedang menjabat.

Tampilan halaman muka kenali.id

kenali.id, adalah salah satu usaha untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi terkait para pejabat publik. Dengan demikian, ketika masyarakat menjalankan fungsinya untuk memberikan suara, ikut mengawasi, hingga memberikan masukan, setidaknya telah didului dengan bekal informasi awal untuk mengenali pejabat publik bersangkutan,” papar CEO GNFI, Wahyu Aji.

Khusus jelang Pemilu 2019, kenali.id memfokuskan diri untuk menampilkan profil Calon Anggota Legislatif, sehingga dapat membantu masyarakat mengetahui alternatif calon yang dapat mereka pilih sesuai Dapilnya masing-masing.

“Kami memulainya pada momentum Pemilu 2019 ini. Di mana masyarakat sebenarnya dihadapkan pada pilihan yang sangat banyak. Total Calon Anggota Legislatif lebih dari 160 ribu orang mulai dari DPR RI, DPRD Provinsi, hingga DPRD Kota/Kabupaten, belum termasuk DPD. Mudah-mudahan dengan website seperti kenali.id ini, dapat membantu para pemilih untuk mempelajari alternatif calon yang tersedia di daerah pemilihannya masing-masing dengan cara yang mudah,” lanjut Wahyu Aji.

Tampilan kenali.id di laman pencarian profil Caleg

Kemudian setelah Pemilu selesai, kenali.id akan terus dikembangkan untuk menampilkan profil mereka yang terpilih menjadi wakil rakyat. Ini membuat masyarakat dapat terus mengikuti siapa saja yang akhirnya mewakili di lembaga pemerintahan, dan bagaimana kiprahnya.

Selain itu, kenali.id juga akan bertambah fiturnya untuk mengenali pejabat publik di berbagai lembaga, sehingga diharapkan masyarakat memiliki informasi yang memadai tentang rekam jejak tentang siapa dan apa saja yang dilakukan para pejabat publik untuk kepentingan umum. kenali.id juga akan dikembangkan menjadi sarana interaksi dua arah antara masyarakat dengan para pejabat publik terkait.

“Kami berharap website kenali.id akan menjadi platform yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas, sehingga masyarakat dapat berperan secara lebih konstruktif dalam memajukan demokrasi di Indonesia yang semakin sehat dan positif. Inilah mengapa GNFI sebagai gerakan yang selama ini fokus menyebarkan berita-berita baik tentang Indonesia terdorong untuk meluncurkan kenali.id,” pungkas Wahyu Aji.

Untuk mengakses situsweb kenali.id, bisa Kawan GNFI lakukan dengan klik di sini.***

Pilih BanggaBangga58%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang25%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi8%
Pilih TerpukauTerpukau8%

Artikel ini dibuat oleh Tim Redaksi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Kalimantan, Ikon Indonesia Fashion Week 2019 Sebelummnya

Kalimantan, Ikon Indonesia Fashion Week 2019

Dulunya Penuh Sampah, Kini Jadi Primadona Wisata di Bekasi Selanjutnya

Dulunya Penuh Sampah, Kini Jadi Primadona Wisata di Bekasi

1 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.