Masyarakat di Aru Utara Kini Nikmati BBM Satu Harga

Masyarakat di Aru Utara Kini Nikmati BBM Satu Harga

© Badan Penelitian dan Pengembangan ESDM

Kini masyarakat di Aru Utara yang sebagian besar mata pencahariannya sebagai nelayan, bisa lebih berhemat setelah lembaga penyalur BBM di Desa Kolamar, Kecamatan Aru Utara, Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku, mematok harga BBM yang sama dengan Pulau Jawa.

Penerapan BBM Satu harga ini ditandai dengan peresmian oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral, Dadan Kusdiana (26/3). Acara peresmian dilakukan bersama dengan Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga dan Anggota Komisi VII DPR RI, Mercy Christy Barends serta perwakilan PT. Pertamina (Persero).

Secara nasional dari tahun 2017 hingga tahun 2019, pemerintah menargetkan pembangunan 170 Penyalur BBM Satu Harga. Pada tahun 2017 telah terbangun 57 Penyalur BBM Satu Harga dengan rincian 54 Penyalur oleh PT. Pertamina (Persero) dan 3 Penyalur oleh PT. AKR Corporindo, Tbk.

Sampai dengan tahun 2018 telah terbangun 131 Penyalur BBM Satu Harga dengan rincian 122 Penyalur oleh PT. Pertamina (Persero) dan 9 Penyalur oleh PT. AKR Corporindo, Tbk.

Tahun ini ditargetkan 39 penyalur beroperasi oleh PT Pertamina (Persero), di mana satu penyalur telah diresmikan pada tahun 2018 dan dua Penyalur telah uji operasi dan satu Penyalur oleh PT AKR Corporindo, Tbk.

Secara keseluruhan Penyalur BBM Satu Harga telah yang telah beroperasi hingga 26 Maret 2019 sebanyak 133 Penyalur.

Sambil memperlihatkan gudang penyalur BBM kepada wartawan, Kepala Badan Litbang ESDM menjelaskan, “Pemerintah sebisa mungkin menyediakan kebutuhan dasar energi, listrik dan air kepada masyarakat tanpa pandang bulu”.

Provinsi Maluku menjadi salah satu wilayah Penyalur BBM Satu Harga. Di mana pada tahun 2017 telah terbangun satu penyalur di Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat.

Kemudian pada tahun 2018, telah terbangun empat penyalur di Kecamatan Air Buaya, Kabupaten Buru; Kecamatan Wemaktian, Kabupaten Maluku Tenggara Barat; Kecamatan Pulau Aru, Kabupaten Kepulauan Aru; dan Kecamatan Aru Utara, Kabupaten Kepulauan Aru.

SPBU Kompak di Kepulauan Aru yang diresmikan kali ini adalah lokasi yang ke-125. SPBU ini dikelola oleh UD. Sinar Kola. Fasilitas yang dimiliki adalah satu tangki premium kapasitas 15 KL, dua tangki solar kapastitas 5,8 KL dan 5,2 KL serta 50 buah drum berkapasitas 200 liter.

UD Sinar Kola mendapat pasokan BBM dari Terminal BBM Dobo yang berjarak 78 Km, sedangkan jarak dengan SPBU lainnya berjarak 80 Km.

Sebelum ditetapkan sebagai Penyalur BBM Satu Harga, SPBU dengan nomor identitas 86.976.09 ini menjual BBM premium seharga Rp10.000/ liter dan solar di kisaran harga Rp10.000/liter sampai Rp15.000/liter. Dengan peresmian ini, harga premium menjadi Rp6.450/liter dan solar menjadi Rp5.150/liter.

Sumber: Badan Litbang ESDM

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang100%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Indonesia Dragonfly Society, Penjaga Capung Indonesia agar Lestari Sebelummnya

Indonesia Dragonfly Society, Penjaga Capung Indonesia agar Lestari

Dulunya Penuh Sampah, Kini Jadi Primadona Wisata di Bekasi Selanjutnya

Dulunya Penuh Sampah, Kini Jadi Primadona Wisata di Bekasi

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.