Aliansi Perdamaian Makassar melakukan kampanye Pemilu Damai dengan mengusung tema "Politik dari Kita, Damai untuk Kita" menyerukan Kampanye Sehat Tanpa Hoaks, Isu Sara, dan Diskriminasi.

Kegiatan Pemilu Damai yang dilakukan oleh Aliansi Perdamaian Makassar dilaksanakan pada hari Minggu (14/4) di kawasan Car Free Day Pantai Losari.

Aksi ini digagas oleh KITA BHINNEKA TUNGGAL IKA dengan melibatkan 18 organisasi atau komunitas yang bergerak di bidang perdamaian, anti kekerasan, dan keadilan sosial.

Organisasi atau komunitas tersebut antara lain Masagena Center, Duta Damai Sulsel, Aliansi Remaja Independen Sulsel, Sobat Lemina, Kolaborasi ID, IKASA Regional Makassar, Mahabbah Ini For Peace Goodness, Komunitas Bela Indonesia Sulsel, Aksi Indonesia Muda, Peacegen Chapter Makassar, GUSDURian Makassar, Pergerakan Difabel Indonesia Untuk Kesetaraan, Hoaxbuster Makassar, Peace Institute South Sulawesi, Jalin Harmoni, dan Forum Mahasiswa Pelopor Sulsel.

Kolaborasi ini dimaksudkan untuk bersinergi dalam menyampaikan pesan-pesan perdamaian dengan berbagai narasi yang telah dikonsepkan oleh Aliansi Perdamaian Makassar meliputi anti hoaks, anti isu sara, dan anti diskriminasi agar tercipta budaya Pemilu yang LUBERJURDIL serta suasana demokrasi yang sehat.

Acara ini dirangkaikan dengan penandatanganan petisi oleh masyarakat sekitar kawasan Car Free Day yang menyerukan terciptanya pesta demokrasi yang damai, serta penampilan akustik oleh MIPG menampilkan lagu-lagu kebangsaan dan perdamaian

Ada beberapa permainan seru dan booth menarik dari KITA dan MIPG juga dongeng dari Kelas Inspirasi Makassar, yang dibawakan oleh Kak Manggazali.

Harapannya dari Pemilu Damai ini agar semangat perdamaian tidak hanya berhenti sampai di sini melainkan nilai-nilai perdamaian dan demokrasi terus dirawat agar persatuan bangsa Indonesia semakin kuat, menjadikan bangsa yang besar, dan menjunjung tinggi nilai-nilai dasar Pancasila.


Sumber: Makassar Today dan Detik Peristiwa

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu