Gemari Baca memberikan donasi berupa paket buku anak-anak untuk sekolah-sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah enam sekolah dampingan Sekolah Literasi Indonesia (SLI) di wilayah Ogan Ilir, Sumatra Selatan.

Paket buku yang diberikan adalah puluhan buku cerita yang cocok untuk dibaca anak-anak kelas rendah (kelas 1-3 Sekolah Dasar). Buku-buku yang diberikan merupakan buku cerita berkualitas yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.

Kompetensi anak kelas satu hingga kelas tiga tampaknya akan terasah oleh beragamnya buku cerita.

Sesuai dengan pemahaman yang telah diketahui guru-guru bahwa kompetensi taktis literasi bagi kelas 1-3 adalah: Kelas satu harus mampu mengeja dan menyalin huruf/tulisan, kompetensi kelas dua yang telah harus mampu membaca lancar menulis kalimat sederhana, dan kompetensi kelas tiga yang telah harus mampu membaca lancar dan menulis dengan tanda baca yang baik.

Serah terima secara simbolis dilakukan oleh konsultan relawan penempatan Ogan Ilir yaitu Nida Fadlilah dan Ravika Lisa Indra bersama dengan kepala sekolah/yang mewakili di tiap sekolah.

Kepala sekolah seluruh sekolah dampingan mengucapkan terima kasih atas donasi buku yang diberikan. Ibu Mastina, salah satu guru model dari SD Pidua Meranjat menyampaikan,

"Dengan buku baru, anak-anak akan belajar membaca lebih semangat lagi! Terima kasih Gemari Baca."

Diharapkan dengan adanya donasi buku dari Gemari Baca, minat literasi siswa di seluruh sekolah dampingan SLI akan semakin meningkat. Terima kasih Gemari Baca!

"Jika engkau ingin mengenal dunia maka membacalah. Namun, jika engkau ingin dikenal oleh dunia maka menulislah."
(Pramoedya Ananta Toer)

Ditulis oleh: Nida Fadlilah dan Ravika Lisa Indra

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu