Kapal Selam Produksi Indonesia-Korea Selatan Resmi Diluncurkan

Kapal Selam Produksi Indonesia-Korea Selatan Resmi Diluncurkan
info gambar utama

Impian untuk memproduksi kapal selam sendiri akhirnya terwujud berkat kerjasama PT Pal Indonesia dengan perusahaan asal Korea Selatan, Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME). Menteri Pertahanan (Mehhan) RI, Ryamizard Ryacudu akhirnya meluncurkan kapal selam Diesel Electric Submarine U209 yang diberi nama Alugoro-405.

“Usai diluncurkan, kapal yang diproduksi PT PAL Indonesia bekerja sama dengan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME), Korea Selatan ini akan beroperasi di seluruh perairan Indonesia,” kata Ryamizard yang dikutip dari Kompas.com

Ia menjelaskan, rencananya ada 12 kapal selam yang akan diproduksi dan tetap bekerja sama dengan Korea Selatan. Kapal selam ini tidak hanya untuk memperkuat TNI AL, namun juga juga untuk menarik minat konsumen.

Ia juga menjelaskan , Kapal selam Alugoro-405 adalah kapal selam ke-3 hasil kerja sama Transfer of Technology (TOT) dengan DSME yang dibuat di galangan kapal PT PAL Indonesia. Kapal selam tersebut menggunakan energy batery yang didukung teknologi terkini serta keunggulan lainnya untuk peperangan di bawah permukaan. Kapal ini juga mampu berlayar lebih dari 50 hari serta dapat menampung lebih dari 40 kru.


Peluncuran kapal selam ini juga menjadi sebuah kebanggaan bagi Indonesia, karena tidak semua negara dapat membuat kapal selam dan di kawasan Asean hanya Indonesia yang mampu membuat.

Sebelumnya, Indonesia sendiri sudah punya 2 kapal selam yang dibangun oleh DSME di Korea Selatan. Dua kapal selam tersebut adalah KRI Nagapasa-403 dan KRI Ardadedali-404. Sementara itu, Alugoro-405 dibangun di PT PAL Indonesia. Ketiga kapal selam tersebut dibangun dengan anggaran 1.140 juta dollar AS.
--

Sumber : Kompas.com, Prokal.co

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini