Indonesia Borong Piala di MTQ Internasional 2019

Indonesia Borong Piala di MTQ Internasional 2019
info gambar utama

Agenda besar MTQ Intenasional yang diselenggarakan oleh Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir bekerja sama dengan The World Association for Al-Azhar Graduates (WAAG), KBRI Cairo dan Dewan Masjid Indonesia (DMI), telah sampai hingga babak final dan menyisakan 12 peserta dari total 55 peserta yang berasal dari 20 Negara.

Babak final yang diselenggarakan pada Sabtu (27/4) di Auditorium Shaikh Zayed Center Nasr City Kairo sejak pukul 11.00 waktu lokal Kairo.

Ada yang unik dalam babak final MTQ Internasional 2019, pasalnya terdapat seorang finalis yang masih berumur 10 tahun asal Kirgistan ditambah kehadiran tiga putra dan putri terbaik bangsa yang menjadi finalis pada acara tersebut.

Indonesia diwakili oleh Muhkhlis Latasi dari Sulawesi, Nur Layli dari Nusa Tenggara Barat, dan Adriyan dari Jakarta. Selain itu, beberapa negara yang behasil menjadi finalis di antaranya Malaysia, Turki, Tajikistan, Kirgistan, Nigeria, Irak, dan Afganishtan.

Setelah melalui babak penilaian, baik cabang Musabaqah Tilawah Al-Qur'an (MTQ) maupun Musabaqah Hifdz Al-Qur'an (MHQ), Indonesia berhasil memborong tiga piala sekaligus hingga mengantarkannya sebagai juara umum MTQ Internasional 2019.

Mukhlis berhasil menjadi juara satu MTQ putra, Adriyan juara satu MHQ putra, dan Nur Laili juara MHQ Putri.

Presiden PPMI Mesir, Saeful Jihad, Lc mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah sama-sama menyukseskan gelaran agenda akbar ini, terutama kepada Grand Syaikh Al-Azhar Asy-Syarief, WAAG Azhar, dan KBRI Kairo. Beliau juga tak lupa mengucapkan selamat kepada para pemenang yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.

Para finalis berhak mendapat haknya berupa tiket umrah yang disediakan oleh salah satu pengusaha asal Mesir. Sayyid Muhammad Ragab selaku pemilik perusahaan ritel Ragab Sons memberikan 12 tiket umrah untuk 12 finalis MTQ Internasional 2019.

"Saya sangat senang sekali dengan diadakannya acara MTQ Internasional ini. Dengan acara ini kecintaan kepada Al-Qur'an akan bertumbuh dan saya senang bisa membantu para pelajar asing yang sedang belajar di Mesir" ujar beliau.

Syaikh Fauzi Barbari yang merupakan Imam di Masjid Al-Azhar sekaligus dewan juri MTQ Internasional 2019 mendoakan keberkahan untuk seluruh peserta dan hadirin yang hadir.

Torehan prestasi yang diraih indonesia bukan tanpa usaha. Proses panjang dan tidak mudah berhasil dilalui oleh para peserta. Sebelumnya, mereka digodog dalam acara MTQ Nasional yang digelar pada pertengahan Maret silam.

Sumber: Media Center PPMI Mesir

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AM
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini