Asyik! Kereta Bandara ke YIA Sudah Mulai Beroperasi Nih...

Asyik! Kereta Bandara ke YIA Sudah Mulai Beroperasi Nih...
info gambar utama

Kereta bandara Yogyakarta International Airport (YIA) pada Senin (6/5) kemarin, mulai beroperasi melayani penumpang yang akan menuju bandara YIA. Nantinya, kereta akan melayani penumpang dengan mengikuti jadwal penerbangan bandara tersebut.

"Hari ini ada perjalanan resmi melayani penumpang ke bandara Kulonprogo, untuk pertama kali. Nanti akan menyesuaikan dengan jadwal penerbangan," kata Executive Vice President (EVP) PT. KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Purwanto, saat ditemui di sela-sela pemberangkatan perdana di Stasiun Yogyakarta, Senin (6/5) lalu.

Ia mengungkapkan, kereta bandara yang akan menuju bandara YIA akan melayani penumpang dimulai dari Stasiun Maguwo yang berada di Bandara Adisutjipto, Stasiun Tugu, melewati Wates, kemudian menuju Stasiun Wojo.

Dalam melayani penumpang menuju YIA, KAI Daop VI telah mendesain sedemikian rupa bagi penumpang yang memang dikhususkan bagi pengguna penerbangan.

"Kereta yang kita siapkan memang kereta khusus yang didesain untuk bandara termasuk ada bagasi untuk koper dan lainnya," ujarnya.

Dalam rangka meningkatkan minat masyarakat menggunakan angkutan KA Bandara Internasional Yogyakarta, KAI memberikan tarif promo sebesar Rp. 15.000 untuk keberangkatan tanggal 6-9 Mei 2019.

Sesudah masa promo adapun tarif KA Bandara Internasional Yogyakarta sama dengan tarif KA Solo Ekspress yaitu Rp 30.000 untuk 0-66 Km, Rp 40.000 untuk jarak lebih dari 66 Km.

Kemudian untuk tarif bus menuju Bandara Internasional Yogyakarta, Perum Damri masih menggratiskannya hingga 12 Mei 2019. Lalu setelahnya akan dikenakan tarif sebesar Rp 10.000.

Sarana KA Bandara Yogyakarta International Airport menggunakan rangkaian KRDE dengan kapasitas 196 penumpang duduk dan 200 penumpang berdiri, sehingga totalnya adalah 396 penumpang dalam satu rangkaian KA.

"Jadi nanti jam operasionalnya kami mengikuti dengan jadwal penerbangan, sampai malam sudah kita rencanakan jika nanti ada penerbangan hingga malam," ujarnya.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

CK
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini