Bukan Jakarta, Tapi Kota Ini yang punya Kecepatan Internet Ngebut di Indonesia

Bukan Jakarta, Tapi Kota Ini yang punya Kecepatan Internet Ngebut di Indonesia

Pexels

Mungkin banyak orang mengira jika Jakarta menjadi kota dengan kecepatan broadband seluler tercepat. Namun ternyata tidak demikian. Dalam Laporan OpenSignal terbaru, Kota Jakarta tidak berada dpada posis pertama.

OpenSignal menganalisis kecepatan rata-rata broadband seluler di 44 kota besar di Indonesia. Hasilnya, kota-kota di luar Pulau Jawa lebih tinggi daripada di Pulau Jawa.

Kota Sorong menjadi kota dengan kecepatan internet (download) paling “ngebut”, yakni mencapai 12 Mbps. Disusul dengan Kota Gorontalo (11.9Mbps) dan Kota Ambon (10 Mbps).

Sedangkan untuk dalam Pulau Jawa, Kota Malang menjadi kota dengan kecepatan internet paling ngebut se-pulau Jawa, yakni 8,9 Mbps.

Sumber : OpenSignal

Untuk kecepatan Upload, Kota Pekanbaru menjadi kota dengan kecepatan internet paling cepat, yakni 5,9 Mbps. Diikuti Kota Medan dengan kecepatan upload 5,5 Mbps dan kota Mataram dengan kecepatan 5,3 Mbps.

Sumber : OpenSignal

Menurut OpenSignal, bukan karena Pulau Jawa memiliki jaringan yang lemah atau kurang canggih, namun kemungkinan karena dinamika persaingan dan permintaan. Makin banyak pengguna yang terhubung ke suatu jaringan, maka kapasitasnya akan tersebar dan bisa menyebabkan penurunan kecepatan rata-rata.

"Mungkin kami terdengar seperti mengusik pulau Jawa, tetapi hal ini karena mayoritas populasi Indonesia berada di pulau ini, sehingga Jawa memiliki tingkat permintaan tertinggi. Jika memperluas analisis ke semua kota-kota terbesar di Indonesia, kita akan melihat tren yang serupa. Batam, Bandar Lampung, Makassar, dan Palembang berada di luar kelompok 10 teratas dalam peringkat Pengalaman Kecepatan Unduhan dan Unggahan kami," tulis OpenSignal dalam keterangan resminya.

--

Sumber : Detik.com, OpenSignal

Pilih BanggaBangga10%
Pilih SedihSedih15%
Pilih SenangSenang10%
Pilih Tak PeduliTak Peduli15%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi45%
Pilih TerpukauTerpukau5%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Inilah Negara dengan Durasi Puasa Tersingkat. Indonesia Nomor Berapa? Sebelummnya

Inilah Negara dengan Durasi Puasa Tersingkat. Indonesia Nomor Berapa?

Lepas Dari Gadget, Bank Indonesia Kenalkan Literasi Pada Anak Selanjutnya

Lepas Dari Gadget, Bank Indonesia Kenalkan Literasi Pada Anak

1 Komentar

  • Internet ngebut

    Ini parameter nya apa ya? Terus test nya dari mana dan kemana? Ini bicara retail atau dedicated, sampai saat ini Pulau Jawa masih memiliki infra yg cepat karena posisi yg mendekati IIX.

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.