Tahukah Anda Bahwa Wakatobi Merupakan Akronim?

Tahukah Anda Bahwa Wakatobi Merupakan Akronim?

Pantai Wakatobi © Sumber: Wikipedia

Wakatobi adalah taman laut nasional. Kawasan ini membentuk karang penghalang nomor dua setelah Great Barrier Reef yang ada di Australia. Air laut yang jernih dan bersih yang mengelilingi pulau-pulau memiliki jumlah spesies terumbu karang dan ikan tertinggi di dunia. Kepulauan ini juga merupakan rumah bagi beragam habitat lahan basah, hutan bakau, dan hutan.

Pulau Wangi Wangi | Sumber: Surga di Khatulistiwa
Pulau Wangi Wangi | Sumber: Surga di Khatulistiwa

Mengunjungi Wakatobi sendiri berarti bahwa anda harus mengunjungi satu persatu pulau yang ada disana, meskipun untuk bisa menyeberang ke pulau-pulau, anda bergantung pada layanan kapal feri yang tidak selalu beroperasi karena bergantung pada cuaca dan arus laut.

Ikan badut dan anemon laut di Taman Nasional Bawah Laut Wakatobi | Sumber: Native Indonesia
Ikan badut dan anemon laut di Taman Nasional Bawah Laut Wakatobi | Sumber: Native Indonesia

Tidak heran jika Wakatobi memiliki jumlah spesies terumbu karang dan ikan tertinggi di dunia. Wakatobi sendiri terletak di Pulau Sulawesi, yang juga merupakan salah satu pulau yang membentuk nusantara Indonesia, yang memiliki flora dan fauna endemik unik dan berbeda dibandingkan flora dan fauna endemik lainnya yang tersebar di Indonesia. Bahkan, pulau Sulawesi sendiri disebut memiliki bentuk yang menyerupai bunga Anggrek.

Pulau Kaledupa | Sumber: Lelungan
Pulau Kaledupa | Sumber: Lelungan

Dikelilingi oleh laut dengan kehidupan laut yang indah dan unik serta terumbu karang warna-warni, Kepulauan Wakatobi-pun juga merefleksikan hal yang sama dengan Pulau Sulawesi.

Namun, tahukah kawan jika Wakatobi merupakan singkatan dari kumpulan pulau-pulau yang membentuknya di tenggara Sulawesi? Pulau-pulau tersebut adalah Pulau Wangi Wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, dan Pulau Binongko. Wakatobi juga disebut Kepulauan Tukang Besi. Dari 4 pulau tersebut lah nama Wakatobi diambil.


Sumber: Jakarta Post

Pilih BanggaBangga60%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli8%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau32%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Tiga Mahasiswa Cambridge Asal Indonesia Lolos ke Final Kompetisi Ilmiah Airbus Sebelummnya

Tiga Mahasiswa Cambridge Asal Indonesia Lolos ke Final Kompetisi Ilmiah Airbus

Minang dan Kabau: Nama Kecil Kota Padang Selanjutnya

Minang dan Kabau: Nama Kecil Kota Padang

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.