Gerakan Peduli Sumber Kehidupan dengan Menjaga Kearifan Lokal dan Budaya

Gerakan Peduli Sumber Kehidupan dengan Menjaga Kearifan Lokal dan Budaya
info gambar utama

Sumber mata air adalah pusat kehidupan atau bermulanya peradaban lokal di suatu daerah. Menjadi tempat peristirahatan bagi musafir untuk memberikan minum pada binatang piaraannya atau tempat mandi.

Dulunya aliran sungai menjadi tumpuan mereka untuk bercocok tanam atau mengambil ikan untuk dikonsumsi dan lain sebagainya. Namun seiring perkembangan teknologi semakin canggih, aliran-aliran sungai mulai bertumpuk sampah, sehingga diperlukan kepedulian untuk dikembalikan agar sungai bisa menjadi tempat berinteraksi yang baik dan nyaman bagi masyarakat sekitar.

Berkaitan dengan hal itu, komunitas Saber Pungli mengajak para kelapa desa untuk bersama-sama memberikan dukungan untuk bersihkan saluran air (drainase). Aksi mereka itu sesuai dengan kepanjangan dari nama komunitas Saber Pungli, yakni, Sapu Bersih Nyemplung Kali. Mereka terbentuk pada 3 September 2017.

Video lengkapnya silakan tonton di RekamIndonesia.id

Sumber: www.rekamindonesia.id

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RI
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini