Tidak Perlu Pergi Jauh ke Cappadocia untuk Saksikan Festival Balon Udara, Cukup Kesini

Tidak Perlu Pergi Jauh ke Cappadocia untuk Saksikan Festival Balon Udara, Cukup Kesini

Festival balon udara Ponorogo 2018 © Sumber: YouTube

Untuk merayakan Idul Fitri, festival balon udara akan diadakan pada hari Rabu besok di Ponorogo, Jawa Timur, dengan orang-orang dari desa-desa sekitar diharapkan untuk berpartisipasi.

Menurut Edy Sucipta selaku humas dari kepolisian Ponorogo, festival tersebut juga ditujukan untuk mengedukasi masyarakat untuk melepaskan balon udara secara bertanggung jawab, karena sering dilepaskan tanpa izin, yang membahayakan keselamatan.

"Festival ini telah menjadi tradisi yang kami pegang setiap Idulfitri," jelasnya saat wawancara dengan Tempo.co pada Senin.

Edy menambahkan bahwa festival tidak akan mempengaruhi penerbangan pesawat, terutama pesawat militer.

Festival balon udara Ponorogo | Sumber: Twitter

Airnav Yogyakarta menyatakan bahwa dua faktor menentukan keamanan penerbangan balon udara panas: bentuk dan ukuran balon dan seberapa tinggi diterbangkan. Ukuran rata-rata balon udara panas harus sekitar 7 meter dengan diameter tidak lebih dari 20 meter.

Mulai dari tahun 2018, festival diadakan di lapangan Jepun di Kecamatan Balong, di bawah pengawasan ketat pejabat, kata Edy.

"Besok menandai kedua kalinya kami akan mengadakan festival di Ponorogo, dan kami bertujuan menjadikan ini tradisi untuk mendorong keselamatan dan mencegah risiko," katanya. Terlepas dari tujuan acara tersebut, 46 balon udara panas dengan berbagai ukuran terbang tanpa izin pada hari-hari menjelang festival di Slahung, Sukorejo, Jetis, Sampung, Balong, Bungkal dan Siman.


Catatan kaki: Jakarta Post | Tempo

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Tim Redaksi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Soetta Menyambut LCCT Asia Tenggara Sebelummnya

Soetta Menyambut LCCT Asia Tenggara

Suhu Hingga Minus 7 Derajat Celcius, Mengapa Embun Beku Dieng Datang Lebih Awal? Selanjutnya

Suhu Hingga Minus 7 Derajat Celcius, Mengapa Embun Beku Dieng Datang Lebih Awal?

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.