10 Bali Baru: Seribu Keindahan di Jakarta Utara

10 Bali Baru: Seribu Keindahan di Jakarta Utara
info gambar utama

Siapa sangka bahwa ibu kota Indonesia memiliki seribu keindahan tersembunyi? Terletak di utara Jakarta, dijuluki Kepulauan Seribu karena jumlah pulau yang ada mencapai 342 pulau dengan luas hingga 8,7 km persegi. Meskipun begitu, lebih dari sepertiga pulau-pulau ini masih belum berpenghuni.

Setiap pulau di Kepulauan Seribu memiliki daya tariknya masing-masing, mulai dari penanaman mangrove, aktivitas snorkeling, konservasi penyu dan hiu, hingga cagar budaya.

Tidak heran jika Kementerian Pariwisata menetapkan Kepulauan Seribu sebagai satu dari 10 Bali Baru, yang dapat mendatangkan wisatawan yang jumlahnya naik secara signifikan tiap tahunnya.

Kawasan Kepulauan Seribu ini adalah bagian dari Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKpS). Karena luasnya, terdapat empat ekosistem utama yang membentuk kawasan TNKpS. Mulai dari hutan pantai hingga terumbu karang.

Beberapa pulau yang menjadi rekomendasi untuk dikunjungi adalah:

Pulau Tidung

Pulau Tidung | Sumber: paradisotraveling.com
info gambar

Pulau ini adalah destinasi utama di Kepulauan Seribu. Terdiri dari Tidung Kecil, untuk kultivasi mangrove, dan Tidung Besar yang terhubung oleh Jembatan Cinta. Jembatan ini menurut orang-orang sekitar dapat memberikan kisah cinta yang baik pada siapapun yang melewatinya.

Daya tarik utama pulau ini adalah untuk aktivitas snorkeling dan diving. Pulau Tidung juga memiliki pantai berpasir putih dengan laut yang jernih.

Pulau Pramuka

Penangkaran Penyu di Pulau Pramuka | Sumber: The Travel Brief
info gambar

Pulau ini dikenal menjadi situs turis yang edukatif karena terdapat penangkaran penyu dan hiu, serta penanaman mangrove. Fasilitas yang ada di pulau ini juga cukup lengkap, mulai dari kayak, perahu, hingga restoran yang menyajikan boga bahari yang segar.

Pulau Ayer

Pulau Ayer | Sumber: The Travel Brief
info gambar

Pulau ini memiliki keunikan yaitu banyaknya penginapan apung khusus untuk turis, sehingga tidak ada penduduk asli yang tinggal di sini. Terdapat fasilitas seperti tempat memancing, kolam renang, dan lapangan basket dan voli.

Pulau Macan

Pulau Macan | Sumber: Wander With Jo
info gambar

Disebut juga dengan Tiger Island, pulau ini terkenal untuk pasangan yang ingin berbulan madu karena letak kabin yang strategis dan jauh dari rumah penduduk. Pulau ini juga menjadi salah satu destinasi utama di Kepulauan Seribu.

Akses menuju Kepulauan Seribu bisa melalui Marina Ancol menggunakan perahu. Waktu tempuh antara 20 menit hingga 2 jam, tergantung dari pulau yang dipilih.

Catatan kaki: Ditulis oleh Roylun Martho di The Travel Brief | Kubik Phinemo

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NG
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini