Galau Jurusan Kuliah? Ini Jurusan Baru yang Punya Prospek Cerah di PTN Indonesia!

Galau Jurusan Kuliah? Ini Jurusan Baru yang Punya Prospek Cerah di PTN Indonesia!
info gambar utama

Saat ini, mayoritas siswa yang baru lulus SMA/SMK pastinya galau dihadapkan dengan dunia perkuliahan. Bagaimana tidak, dengan persaingan yang tinggi dan ketat, membuat para siswa mudah patah semangat untuk mengejar jurusan dan PTN yang diinginkan.

Tak jarang juga, calon-calon mahasiswa ini berpikir untuk prospek kerja yang berhubungan dengan jurusan yang mereka incar.

Pada SBMPTN 2018 kemarin, jumlah pendaftar mencapai 860.001 peserta, sedangkan jumlah PTN di Indonesia masih terbatas dan sangat bersaing. Tapi, beberapa PTN di Indonesia membuka jurusan-jurusan baru bukan tanpa alasan.

Mereka membuka jurusan tersebut karena sangat potensial degan kebutuhan era modern ini. Jumlah permintaan tenaga kerja semakin banyak dengan kemampuan yang mumpuni.

Yuk simak apa saja jurusan yanng baru dengan prospek karier cemerlang.

Teknik Biomedik

Teknik Biomedik | source : Taze Mühendis
info gambar

Dilansir dari Hipwee.com, program studi ini banyak dibutuhkan di dunia medis. Studi ini mempelajari tentang bagaimana rekayasa aplikatif di bidang biologi dan kedokteran modern.

Jurusan ini memadukan dunia medis dan dunia teknologi, yang nantinnya akan akan membuat peralatan kesehatan untuk kebutuhan pasien. Jurusan ini sudah ada di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Indonesia (UI).

Aktuaria

source : Toppr
info gambar

Jurusan ini dibuka untuk memenuhi tenaga kerja di bidang asuransi dan keuangan. Studi ini cocok untuk siswa yang suka dalam hal hitungan dan matematika.

Di sini para mahasiswa akan mendalami pengelolaan risiko keuangan yang baik dan benar dan pengelolaan uang. Program studi ini tersedia di beberapa universitas ternama seperti Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Universitas Indonesia (UI).

Bisnis Digital

StartUp and Media | Sumber: Revenues & Profits

Zaman era modern ini banyak dibutuhkan kreativitas dalam mengembangkan bisnis atau start-up, agar bisa menyaingi dengan kebutuhan masyarakat. Ini merupakan solusi bagi siswa yang tertarik di dunia bisnis namun ingin mempelajari digital dan kreativitas.

Nantinya, studi yang baru berdiri di Universitas Padjadjaran ini akan menargetkan para mahasiswanya untuk menguasai bidang-bidang bisnis seperti, Market Place, Big Data, dan Arificial. Bidang-bidang tersebut banyak dibutuhkan dalam perusahaan yang bergerak dibidang keuangan.

Proteksi Kebakaran dan Teknik Keselamatan

Fireman and Safety | Sumber: davisulmer.com
info gambar

Memang terdengar asing di telinga kita tentang jurusan ini, namun siapa sangka jurusan ini sangat bagus untuk prospek karier ke depannya.

Jurusan pertama di Indonesia ini diharapkan dapat membantu memenuhi ahli proteksi kebakaran dan keselamatan yang bisa bekerja di bandar udara atau sektor pertambangan dan energi.

Studi ini baru dibuka di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Cocok untuk kamu yang tertarik dengan bidang keselamatan kerja dan kebakaran.

Jurusan-jurusan yang tergolong baru ini bukan berarti tidak bersaing, tapi bisa jadi pertimbangan para siswa yang masih bingung memilih jurusan untuk ke jenjang perkuliahan.


Catatan kaki: tempo.co | hipwee.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KN
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini