10 Bali Baru: Mengenal Lebih Dalam Kepulauan Tukang Besi

10 Bali Baru: Mengenal Lebih Dalam Kepulauan Tukang Besi

Pembuatan besi di Kepulauan Wakatobi © MR fahlepi (@mureza)

Pernah mendengar nama Kepulauan Tukang Besi?

Kepulauan Tukang Besi merupakan nama lain dari Kepulauan Wakatobi. Mengapa dinamakan Kepulauan Tukang Besi? Penamaan ini digunakan pada zaman kolonial Belanda.

Dinamakan Kepulauan Tukang Besi karena masyarakat setempat jago mengolah besi menjadi berbagai jenis perkakas, selain itu kepulauan ini juga termasuk dalam penghasil keris tradisional yang berkualitas tinggi. Hingga saat ini masih terdapat beberapa komunitas pandai besi yang melestarikan kerajinan besi, salah satunya di Pulau Binongko.

Kepulauan Wakatobi l Sumber: catperku.com

Seiring berjalannya waktu masyarakat lebih mengenal kepulauan ini dengan nama Kepulauan Wakatobi. Nama Wakatobi ini sendiri diambil dari akronim empat pulau utamanya yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Selain keempat pulau tersebut, juga masih banyak pulau yang ada di Kepulauan Wakatobi.

Selain dikenal dengan masyarakat yang pandai mengolah besi, Kepulauan yang bertempat di Provinsi Sulawesi Tenggara ini juga memiliki banyak destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi.

Surga bawah laut kepulauan wakatobi l Sumber: artsicture

Destinasi wisata yang paling utama di kepulauan ini yaitu wisata lautnya. Wakatobi berada di jantung segitiga terumbu karang dunia (coral triangle) tak heran jika Kepulauan Wakatobi dikenal hingga mancanegara karena keindahan bawah lautnya.

Kehebatan lain dari kepulauan ini yaitu lebih dari 70 persen spesies karang atau coral dunia berada di dasar laut Wakatobi. Selain keanekaragaman karang dan coral, Wakatobi juga memiliki berbagai jenis spesies ikan. Terdapat 5 jenis paus, 6 jenis lumba-lumba serta 590 spesies ikan yang hidup di perairan Wakatobi.

Dengan keindahan bawah laut yang ada di Kepulauan Wakatobi ini tentunya menjadi surga bagi pecinta diving.

Goa Kontamale l Sumber: yooayoo.id

Tak hanya menyajikan surga bawah laut, Kepulauan Wakatobi juga memiliki destinasi wisata lain seperti Puncak Kahyangan, Puncak Tomia, Pemandian Alam Hendaopa, Danau Sambano dan masih banyak lagi.

Terdapat hal yang menarik dari salah satu destinasi wisata di Kepulauan Wakatobi ini yaitu wisata Goa Kontamale. Konon katanya jika mandi di Goa Kontamale ini dapat membuat enteng jodoh loh. Selain itu, sumber air di Goa Kontamale ini juga tidak pernah keruh meskipun digunakan mencuci dan mandi penduduk sekitar.

Kain tenun khas Wakatobi l Sumber: pesona.travel

Kemudian, untuk kamu yang sudah lelah menjelajahi kepulauan ini dapat duduk santai melihat penduduk Desa Pajam yang memproduksi kain tenun khas Wakatobi.

Selain itu, kamu juga dapat berbincang dengan Suku Bajo Mola yang dikenal dengan sea gypsies atau yang biasa disebut pengembara laut.

Dengan banyaknya wisata yang indah dan beragam tidak heran pemerintah memasukan Kepulauan Wakatobi ini kedalam program 10 Bali Baru. Program ini bertujuan agar masyarakat mancanegara dapat mengetahui destinasi menarik lainnya di Indonesia selain Bali.


Catatan kaki: kubik.phinemo.com l tripzilla.id l kompas.com

Pilih BanggaBangga60%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang20%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau20%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

10 Bali Baru: Mengenal Lebih Jauh, Bumi Sambhara di Ujung Yogyakarta Sebelummnya

10 Bali Baru: Mengenal Lebih Jauh, Bumi Sambhara di Ujung Yogyakarta

Dikunjungi Menteri Pariwisata, Pulau Rupat Bakal Jadi Destinasi Wisata Unggul Selanjutnya

Dikunjungi Menteri Pariwisata, Pulau Rupat Bakal Jadi Destinasi Wisata Unggul

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.