Gombengsari Platation Run Kembali Digelar, Intip Keindahan Lintasan Yang Akan Dilewati

Gombengsari Platation Run Kembali Digelar, Intip Keindahan Lintasan Yang Akan Dilewati
info gambar utama

Kembali digelar, ajang sport tourism bagi pelajar yang dikenal dengan Gombeng Platation Run akan diadakan pada Minggu (23/06). Gombeng Platation Run diikuti oleh tiga kategori yaitu SD, SMP, dan SMA dengan total peserta sebanyak 750 pelajar. Ajang ini juga terbuka untuk peserta dari luar daerah.

Kawasan Gombengsari l Sumber: balingbalingbambu.com
info gambar

Adapun wilayah yang akan dilewati yaitu Kawasan Gombengsari yang berada di area lereng Gunung Ijen. Start di wilayah wana wisata bumi perkemahan Sumber Manis , Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Kemudian, finis di tempat yang sama. Gombengsari Platation Run ini akan dimulai sejak pukul 07.00 pagi.

Jarak yang akan ditempuh peserta sejauh 5 kilometer. Peserta akan melewati lintasan yang indah dan sejuk seperti pedesaan, area perkebunan, hingga tanah berbukit. Kawasan Gombengsari sendiri terkenal dengan hawanya yang sejuk ditambah kaya akan perkebunan seperti kopi, coklat, cengkeh, dan aneka buah. Pemerintah berharap bahwa peserta tak hanya dipacu untuk berlari saja, melainkan juga menambah wawasan mengenai destinasi wisata yang ada di Kawasan Gombengsari.

Peternakan kambing Etawa di Banyuwangi l Sumber: tourbanyuwangi.com
info gambar

Tak hanya kaya akan wilayah perkebunan dan hutan, di Kawasan Gombengsari juga terdapat peternakan kambing Etawa. Kambing Etawa di kawasan ini terkenal akan kesegaran produk susunya dikarenakan penggunaan pakan organik serta dijaga kebersihan kandang ternaknya.

Pemilihan wilayah ini bertujuan agar memperkenalkan Kawasan Gombengsari yang akan kaya keberagaman wisata alamnya yang masih asri. Tak hanya terkenal berkat Gunung Ijen dan Taman Nasional Baluran saja, pemerintah juga menginginkan msyarakat mengetahui wilayah lain yang tak kalah indah.

Banyuwangi Half Marathon l Sumber: radiobintangtenggara.com
info gambar

Banyuwangi sendiri memiliki beberapa ajang kompetisi olahraga lari, antara lain Ijen Green Run, Banyuwagi Half Marathon, Chocolate Glenmore Run, dan masih banyak lagi. Dengan animo masyarakat yang sangat besar di setiap kompetisi tersebut, pemerintah berharap dapat tercipta peluang-peluang yang bermanfaat bagi Banyuwangi.

Banyuwangi Half Marathon l Sumber: ilhamsadli.com
info gambar

Selain pemanfaatan peluang wisata di Kawasan Gombengsari, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas juga ingin mencari bibit-bibit pelari muda dan anak-anak berbakat Banyuwangi. Pemerintah juga akan memfasilitasi pelajar Banyuwangi yang memiliki bakat.


Catatan kaki: beritabaik.id l m.republika.co.id l detik.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AP
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini