Uji Jalan Gasoline Setara Euro 4 Selesaikan Jarak Tempuh 21.000 Kilometer

Uji Jalan Gasoline Setara Euro 4 Selesaikan Jarak Tempuh 21.000 Kilometer
info gambar utama

Uji jalan bahan bakar gasoline setara Euro 4 yang dilaksanakan Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi “LEMIGAS” saat ini telah menyelesaikan jarak tempuh sepanjang 21.000 kilometer.

Pada kesempatan ini Kepala PPPTMGB “LEMIGAS”, Setyorini Tri Hutami turut serta dalam uji jalan dari Jakarta menuju Tegal, Jawa Tengah.

Kendaraan uji memasuki kota Tegal | Foto: Lemigas

Di pos pemberhentian di Desa Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Setyorini Tri Hutami menyampaikan kepada Tim Pertamina bahwa Kelompok Pelaksana Penelitian dan Pengembangan (KP3) Aplikasi sudah menyelesaikan pengujian karakteristik bahan bakar uji utama dan bahan bakar uji pembanding.

Selain itu juga dilakukan pengujian emisi standar Euro, serta menguji kinerja Chasis Dynamometer dan pemeriksaan minyak pelumas pada kondisi 0 kilometer, 10.000 kilometer, dan 20.000 kilometer.

Pada kesempatan ini tim pelaksana juga mendiskusikan hasil pengujian selama tiga bulan, sebelum uji jalan dilanjutkan menuju Kudus dan menyelesaikan jarak tempuh yang tersisa. Uji jalan ini ditargetkan selesai pada akhir Agustus 2019.

Setyorini menjelaskan pelaksanaan uji jalan gasoline setara Euro 4 ini didasari oleh Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 20/Setjen/Kum.1/3/2017 tanggal 10 Maret 2017, tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, Kategori N dan Kategori O.

Tujuan uji jalan ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan gasoline setara Euro 4 terhadap kinerja mesin berbahan bakar bensin kendaraan bermotor, komponen mesin dan minyak pelumas dan untuk mendapatkan produk baru gasoline berkarakteristik setara Euro 4 dan menghasilkan emisi gas buang yang memenuhi standar Euro 4.

Sebanyak tiga mobil menjalani uji jalan, yang terbagi dalam beberapa rute dan tahapan.

Rute pertama adalah Jakarta-Bogor-Pandeglang-Serang-Cilegon-Jakarta. Rute kedua menempuh kota Jakarta-Cikampek-Bandung-Jakarta. Rute terakhir meliputi Jakarta-Cikampek-Cirebon-Tegal-Jakarta.

Tim penguji bersiap-siap melakukan perjalanan | Foto: Lemigas

Uji jalan yang dilaksanakan KP3 Aplikasi meliputi pengujian gasoline setara Euro 4, rating komponen mesin serta pemeriksaan terhadap reaksi minyak pelumas yang digunakan.

Kegiatan pengujian gasoline terdiri dari penyediaan tiga jenis bahan bakar gasoline Euro 4 sebagai bahan uji dan dua bahan pembanding lainnya.

Pengujian rating komponen mesin dilakukan pada awal uji jalan (0 kilometer) dan akhir akhir (40.000 kilometer). KP3 Aplikasi juga menguji kinerja pada Chasis Dynamometer dan pemeriksaan terhadap minyak pelumas pada kondisi 0 kilometer. 10.000 kilometer, 20.000 kilometer, 30.000 kilometer dan 40.000 kilometer. (ER)

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

BE
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini