Cegah Stunting di Jawa Timur bareng Influencer

Cegah Stunting di Jawa Timur bareng Influencer

polskieradio24.pl

Stunting adalah kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, tubuh anak lebih pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. Faktor pola asuh dari Ibu menjadi salah satu sebab cukup dan tidaknya gizi pada Anak.

Dalam rangka pencegahan stunting, ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh siapapun, tak terkecuali Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa.

Khofifah memiliki cara yang dinilai efektif untuk mencegah stunting, ia menghimbau agar Dinas Kesehatan Jatim dan RSUD Dr Soetomo dapat melibatkan influencer dalam upaya promotif preventif. Hal ini bertujuan untuk peningkatan layanan kesehatan di Jatim dan sejalan dengan upaya pencegahan atau preventif yang dilakukan.

"Divisi di rumah sakit itu bisa mengajak seluas-luasnya para blogger, youtuber dan facebooker. Mereka akan mampu menyemai semangat promotif preventif dalam pengenalan dampak-dampak yang diakibatkan pola hidup yang tidak sehat,"ujarnya yang dikutip dari tribunnews.

Sumber : Metro Times News

Beliau juga memaparkan akan merangkul youtuber dan blogger untuk keliling di layanan rumah sakit kelas tiga. Sehingga diketahui kebutuhan pasien tak hanya layanan kesehatannya, tetapi juga rumah singgah. "Kalau influencer ini diajak keliling untuk mengetahui penyakit-penyakit yang berbahaya meskipun tidak menular. Ini bisa menjadi upaya preventif yang efektif,"

Joni Wahyudi, selaku Direktur Utama RSUD Dr Soetomo mengungkapkan, hal ini masih dapat dilakukan meskipun ada peraturan pembatasan penggambilan gambar maupun video di lingkungan rumah sakit. Jika harus mengambil gambar pasien, harus ada persetujuan dulu.

Sebelumnya GNFI,Kemenkominfo, dan DJIKP pernah mengadakan acara #KopdarBaik yang menginformasikan tentang stunting dan 1000 hari pertama kehidupan yang dibahas oleh beberapa narasumber tahun 2018 lalu di Sumenep dan Bondowoso.

--

Sumber : TribunNews, Metro Times News, GNFI : Kabupaten di Timur Pulau Madura Ini Menjadi Titik Awal Dalam Pencegahan Stunting

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Perempuan Menulis dan Membangun Bangsa Sebelummnya

Perempuan Menulis dan Membangun Bangsa

Nangkadak, Buah Gabungan Nangka dan Cempedak Selanjutnya

Nangkadak, Buah Gabungan Nangka dan Cempedak

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.