Hore, Usulan Outlook RI Sukses Diadopsi Oleh KTT ASEAN!

Hore, Usulan Outlook RI Sukses Diadopsi Oleh KTT ASEAN!
info gambar utama

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN mengadopsi Outlook ASEAN mengenai Indo-Pasifik yang merupakan usulan Indonesia. KTT tersebut diadakan di Bangkok, Thailand, pada Sabtu (22/6/2019).

Atas pencapaian ini, Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan apresiasinya terhadap semua negara ASEAN yang telah memberikan kontribusi besar dalam pengembangan Outlook tersebut .

"Outlook ini mencerminkan sentralitas dan kekuatan ASEAN dalam menghormati prinsip-prinsip menjaga perdamaian, memperkuat budaya dialog, serta memperkokoh kerjasama," kata Jokowi ketika berbicara pada Pleno Konferensi Tingkat Tinggi ke-34 ASEAN di Hotel Athenee, Bangkok.

Sidang pleno KTT ASEAN ke-34 di Bangkok, Thailand, Sabtu, 23 Juni 2019. Foto: Antara/Puspa Perwitasari
info gambar


Jokowi juga mengatakan Outlook ASEAN mengenai Indo-Pasifik akan memiliki arti yang lebih penting di tengah perkembangan dunia saat ini, di mana perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China sedang berlangsung. Perang dagang yang sudah berlangsung selama setahun lebih ini dikhawatirkan akan berubah menjadi perang yang melibatkan banyak negara atau "multi-front war".

"Perang dagang antara Amerika Serikat dan China belum membaik," katanya.

Oleh karena itu, Jokowi mengatakan ASEAN harus kuat, ASEAN harus bersatu dan ASEAN harus mampu menjadi motor perdamaian dan stabilitas Asia Tenggara.

Presiden RI Joko Widodo di KTT ASEAN ke-34 di Bangkok, Thailand. Foto: istimewa/CNBC Indonesia
info gambar

Selain isu Indo-Pasifik, dalam pertemuan Pleno KTT ASEAN, Jokowi juga mengajak penegasan komitmen ASEAN bagi penyelesaian perundingan Regional Economic Partnership Agreement (RCEP), seperti disampaikan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin dalam rilisnya, Sabtu.

Terakhir, Jokowi juga menyampaikan rencana peresmian kantor Sekretariat ASEAN yang telah selesai dibangun.

"Kantor Sekretariat ASEAN siap diresmikan pada 8 Agustus 2019, bertepatan dengan ulang tahun ASEAN ke-52." Katanya.


Catatan kaki: Liputan6.com | CNBC Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini