Mengapa Harus Jomblo?

Mengapa Harus Jomblo?
info gambar utama

Mungkin status Kawan GNFI saat ini sedang Jomblo, namun kita harus tahu sejarah dan asal-usul "Jomblo" itu sendiri.

Jomblo adalah sebutan untuk orang yang tidak atau belum memiliki pasangan menikah/berpacaran. Tidak semua orang ingin disebut jomblo karena memiliki arti yang "menyedihkan", kebanyakan mereka yang belum berpasangan lebih suka disebut "single".

Namun tahukah Kawan GNFI, kata Jomblo tidak ada di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), melainkan kata Jomlo.

Mengapa harus Jomlo yang digunakan sebagai sebutan orang yang belum memiliki pasangan?
Jomlo berasal dari bahas Sunda yang dibakukan ke dalam kamus Besar Bahasa Indonesia yang memiliki arti negatif, yaitu Gadis Tua. Kata ini digunakan untuk menyebut perempuan yang sudah tua namun belum menikah atau memiliki pasangan. Bahkan dahulu di pelosok desa, kata Jomlo adalah sebuah penghinaan bagi seorang wanita yang belum menikah.

Sumber : Happier Human
info gambar

Dalam perkembangannya, kata Jomlo tidak hanya digunakan untuk perempuan yang belum memiliki pasangan saja, namun juga pria yang belum memiliki pasangan.

Memang Jomblo sangat rentan menjadi bahan ejekan teman-teman, namun Jomblo itu lebih kecil kemungkinan merasakan sakit hati akibat hubungan yang tak jelas.
--
Diambil dari berbagai sumber

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini