Helios, Teknologi Panel Surya di Sumba

Helios, Teknologi Panel Surya di Sumba

Alat helios, panel surya portable © Weston Energy

  • Weston Energy mengenalkan teknologi bernama Helios di acara Light Up Indonesia.
  • Teknologi ini adalah panel surya portable yang berbentuk seperti radio.
  • Acara digelar di Kemang, Jakarta Selatan, dengan Sumba di NTT yang menjadi daerah terpilih untuk pemakaian Helios.

Masih terbatasnya akses listrik di beberapa daerah membuat Weston Energy tergerak untuk membuat inovasi. Sabtu (22/6) lalu, start-up berbasis sosial dan ramah lingkungan ini mengadakan grand launching “Light Up Indonesia” di Kemang, Jakarta Selatan.

Light Up Indonesia merupakan salah satu program Weston Energy, yang bertujuan menyediakan peralatan dan jasa instalasi panel surya. Daerah yang dipilih dalam program ini adalah Mentawai Maringu, Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Di sana, Weston Energy akan memakai alat bernama Helios. Alat ini adalah panel surya yang mereka produksi, berupa penyimpan daya listrik portable berbentuk seperti radio. Beratnya sekitar 2 kilogram.

Sebanyak 25 produk Helios yang diproduksi diharapkan dapat membantu masyarakat Sumba mendapat akses listrik. Dengan demikian, warga bisa lebih mudah beraktivitas untuk meningkatkan produktivitas.

BACA JUGA: UI dan Pertamina Kembangkan Charging Outlet Tenaga Surya di Kampus

“Dengan keterbatasan warga lokal dalam memahami teknologi, produk Helios ini kita buat se-efektif dan se-efisien mungkin untuk digunakan masyarakat Sumba. Untuk memahami produk Helios ini pun kami memberikan capacity building edukasi untuk masyarakat Sumba, supaya bisa menggunakan alatnya dengan baik. Seperti cara memegang, instalasi, hingga implementasi menggunakannya,” terang CEO Weston Energy, Wynn Wijaya.

Peserta antusias mengikuti jalannya acara | Foto: Weston Energy

Di acara Light Up Indonesia, selain mengenalkan Helios, Weston Energy juga mengadakan diskusi panel bertema isu lingkungan dari berbagai sudut pandang, yakni sustainable lifestyle, green jobs, dan urban gardening.

Panelis diskusi terdiri dari Miss Eco Indonesia 2019, Ratu Vashti; Manajer Kampanye Coaction, Juris Bramantyo; dan Learning Coordinator Kebun Kumara, Sarah Adipayanti Children.

BACA JUGA: Skuter Listrik Resmi Diluncurkan di Terminal 3 Soetta

Selain diskusi panel. Ada juga pameran produk beberapa usaha yang bergerak di bidang lingkungan dan sosial. Beberapa usaha yang turut berpartisipasi antara lain Terasmitra, ElokbyIbu, dan Coastal Basement. Peserta berasal dari berbagai daerah, seperti Bekasi, Bogor, Depok dan Jakarta.**

Weston Energy bersiap meluncurkan Helios di Sumba, NTT | Foto: Weston Energy

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang67%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau33%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Kiprah Perempuan Penulis Indonesia di Dunia Literasi Sebelummnya

Kiprah Perempuan Penulis Indonesia di Dunia Literasi

Liburan ke Banten Selatan yuk.. Selanjutnya

Liburan ke Banten Selatan yuk..

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.