Kota di Jawa Timur Ini Terpilih Sebagai Kota Kreatif Indonesia

Kota di Jawa Timur Ini Terpilih Sebagai Kota Kreatif Indonesia

Balai Kota Malang © barrykusuma

Siapa yang tidak mengenal Kota Malang? Kota yang terkenal akan destinasi wisatanya yang melimpah serta banyaknya universitas terkemuka yang ada di Kota Malang membuat kota ini kedatangan banyak pendatang dari berbagai wilayah di Indonesia.

Kampung Warna-warni Jodipan l Sumber: koplakers.com

Kota ini menyajikan destinasi wisata yang lengkap dari wisata alam, taman bermain, hingga wisata yang mengedukasi pun tersedia di kota ini.

Kota Malang juga digemari masyarakat karena udara dinginnya yang jarang dijumpai di kota-kota di Indonesia yang memiliki udara panas.

Dengan pemanfaatan wilayah Malang dari segala aspek serta banyaknya wisata edukasi di Kota Malang, Kota ini masuk ke dalam nominasi Kabupaten/Kota kreatif Indonesia.

Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) melaksanakan program penilaian mandiri Kabupaten/Kota kreatif Indonesia (PMK31) sejak tahun 2016 lalu. Program ini sendiri bertujuan untuk memberikan tools bagi Kabupaten/Kota (KaTa) untuk memetakan ekosistem, potensi, best practice, dan permasalahan pengembangan sistem ekonomi kreatif.

BEKRAF mengumumkan nominasi 10 KaTa Kreatif Indonesia pada tanggal 29 Mei 2019. 10 KaTa tersebut yaitu Kota Malang, Kota Palembang, Kota Majalengka, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Rembang, Kota Balikpapan, Kabupaten Gianyar, dan Kota Denpasar.

Sepuluh KaTa tersebut dipilih berdasarkan hasil uji petik yang dilakukan oleh penilaian mandiri Kabupaten/Kota kreatif (PM3I), yang dilakukan pada tahun 2016–2018 di seluruh Indonesia.

Alun-Alun Kota Malang l Sumber: johnfoxjohnhome.com

Penilaian ini mencakup empat faktor kreatif yaitu komunitas kreatif, pemerintah, akademisi, dan pelaku bisnis.

Setelah melalui proses yang cukup panjang, diumumkan 4 KaTa kreatif yang terdiri dari 2 Kota dan 2 Kabupaten. 4 kota kreatif tersebut yaitu Kota Malang, Kota Palembang, Kabupaten, Majalengka, dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kota Malang terpilih menjadi salah satu KaTa kreatif Indonesia berkat beberapa stakeholder yang mewujudkan Kota Malang menjadi kota kreatif berbasis aplikasi dan pengembangan game.

Pertumbuhan industri dalam subsektor bidang game dan aplikasi ini memiliki dampak yang positif bagi perekonomian masyarakat dan serapan tenaga kerja.

Hal ini tentu menambah daya tarik Kota Malang, tak hanya memiliki destinasi wisata yang melimpah namun juga kreativitas bidang teknologi yang bagus dan menguntungkan.


Catatan kaki: merdeka.com l indiekraf.com

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Cuma di Papua, Udang Bisa Selingkuh Sebelummnya

Cuma di Papua, Udang Bisa Selingkuh

Dikunjungi Menteri Pariwisata, Pulau Rupat Bakal Jadi Destinasi Wisata Unggul Selanjutnya

Dikunjungi Menteri Pariwisata, Pulau Rupat Bakal Jadi Destinasi Wisata Unggul

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.