Pantai Goa Cina, Kenapa Namanya Begitu?

Pantai Goa Cina, Kenapa Namanya Begitu?

Pantai Goa Cina © malangstrudel.net

Kota Malang terkenal akan destinasi wisatanya yang sangat melimpah. Dari wisata alam hingga wisata taman bermainnya. Kota ini menyajikan destinasi wisata alam yang sangat lengkap, pegunungan, air terjun, hingga pantai pun ada di kota ini.

Kota Malang memiliki kurang lebih 50 pantai. Pantai-pantai tersebut terletak di Malang bagian selatan. Namun, yang lebih menariknya lagi setiap pantai yang ada di Malang memiliki keunikan masing-masing. Dengan begitu, para pengunjung tidak bosan menikmati berbagai macam wisata pantai yang ada di Malang Selatan ini.

Pemandangan Pantai Goa Cina dari atas l Sumber: sindonews.com

Salah satu pantai yang ada di Malang Selatan adalah Pantai Goa Cina. Pantai ini terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai Goa Cina ini dapat ditempuh sekitar 2-3 jam perjalanan dari pusat Kota Malang.

Perjalanan menuju Pantai Goa Cina ini sangat memanjakan mata. Pegunungan kapur dan sawah serta udara yang masih sejuk menjadi pengalih rasa pegal setelah menempuh perjalanan.

Namun, sebelum sampai di Pantai Goa Cina, kalian harus melewati jalan yang cukup sulit, jalanan yang masih berbentuk tanah serta banyaknya bebatuan mempersulit kendaraan untuk masuk ke area pantai.

Harga tiket masuk di Pantai Goa Cina ini sebesar Rp 5.000 dan harga parkir motor sebesar Rp 5.000.

Batu karang di Pantai Goa Cina l Sumber: kitamuda.id

Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah, bebatuan karang serta hamparan pasir putih menyambut kedatangan setiap pengunjungnya. Terdapat tiga pulau yang berada di tengah pantai, yaitu Pulau Goa Cina, Pulau Bantengan, dan Pulau Nyonya.

Kalian dapat bermain pasir, berfoto-foto, serta bersantai di bawah pohon ditemani dengan es kelapa muda segar. Di Pantai Goa Cina pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang dikarenakan ombak di di pantai ini cukup besar. Besarnya ombak juga menyebabkan perahu nelayan tidak ada yang bersandar di pulau ini.

Sunset di Pantai Goa Cina l Sumber: wisata.id

Kalian juga dapat menginap di pantai ini dengan membawa atau meminjam tenda. Menikmati udara segar di pagi hari serta keindahan matahari terbenam, pantai ini sangat cocok untuk menikmati sunrise maupun sunset.

Di balik keindahannya, Pantai Goa Cina juga memiliki sejarah yang cukup menarik.

Pantai Goa Cina ini dulunya memiliki nama Pantai Rowo Indah. Namun, pada suatu hari terdapat seorang petapa dari Tiongkok yang menghabiskan masa hidupnya hingga ajal di gua tersebut. Maka dari itu pantai ini disebut dengan nama Pantai Goa Cina.

Pantai ini memang memiliki beberapa goa. Salah satunya yaitu gaa yang digunakan seorang petapa dari Tiongkok tersebut. Goa tersebut biasanya digunakan masyarakat setempat untuk ritual meminta berkah dan keberuntungan dengan syarat membawa batang pepaya.

Jika berkunjung ke Pantai Goa Cina, kalian akan menemukan fenomena alam yang cukup langka yaitu gelombang air laut bersimpangan dari 3 arah yakni arah timur, selatan, dan barat.

Arus-arus gelombang tersebut saling bertabrakan di antara Pulau Bantengah serta Pulau Nyonya. Hasil tabrakan arus gelombang ini akan menimbulkan suara gemuruh yang cukup keras

Jika berkunjung ke pantai ini, jangan lupa membeli oleh-oleh berupa ikan segar yang dijual oleh pedagang sekitar. Selain membawanya pulang, kalian juga dapat menyantap olahan ikan segar tersebut di tepi pantai sembari menyaksikan keindahan ombak Pantai Goa Cina ini.

Dengan keunikan sejarah, fenomena gelombang yang langka serta keindahan pemandangannya pantai ini sangat direkomendasikan bagi kalian yang ingin berlibur melepas penat.


Catatan kaki: jejakpiknik.com l pantainesia.com l ksmtour.com

Pilih BanggaBangga75%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi25%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Ternyata, Setiap Komposisi Nasi Tumpeng Ada Maknanya, Lho! Sebelummnya

Ternyata, Setiap Komposisi Nasi Tumpeng Ada Maknanya, Lho!

Ini Daftar Operator Telko yang Sudah Menjajal Jaringan 5G di Indonesia Selanjutnya

Ini Daftar Operator Telko yang Sudah Menjajal Jaringan 5G di Indonesia

4 Komentar

  • annsehat

    nice pemandangannya

  • Info Kesehatan

    ternyata begini toh sejarah di balik keindahan pantai goa cina malang, insy allah akhir tahun bareng ah sama istri tercinta..

  • Umroh Murah Surabaya

    indah nya sekali pantainya.. pingin ke sana tapi jauh

  • Umroh Surabaya

    wah jadi pingin ke pantai kalau gini caranya.. hikz

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.