Pemerintah Gandeng Perusahaan Korea Selatan untuk Naikkan Ekspor Kopi

Pemerintah Gandeng Perusahaan Korea Selatan untuk Naikkan Ekspor Kopi
info gambar utama

Pemerintah melakukan kerja sama antara Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) dengan Perusahaan asal Korea Selatan yakni CJ Entertaiment dan juga Korea Trade Investmen Agency (KOTRA). Hal ini guna meningkatkan ekspor kopi dari para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah ke Korea Selatan.

"Kami akan mendukung peningkatan kualitas kopi dengan melakukan perluasan saluran penjualan dan mendukung pengembangan produk berbasis cokelat dengan meningkatkan strategi pemasaran,” ujar Shin Hee Sung, selaku Direktur CJ Indonesia yang dikutip dari Kompas.com

Dengan adanya kerja sama ini, UMKM Indonesia akan dibantu dan dibimbing agar menciptakan suatu produk dengan nilai tambah lewat program One Village One Product (OVOP).

CJ juga ikut membantu Koperasi Jatirogo di Yogyakarta sejak tahun 2015 melalui unit bisnis bakery and cafe yaitu Tous les Jours (TLJ) dengan menggunakan gula kelapa pada roti yang dijual TLJ.

Santoso Mustakim, selaku Ketua KSU Guyub mengatakan, melalui kerja sama ini akan banyak produk olahan pertanian yang diekspor, seperti kopi dan gula untuk unit bisnis CJ Entertainment.

"Kita memiliki produk pertanian yang berkualitas tidak kalah dengan negara lain apalagi sektor koperasi kita yang memproduksi ini memiliki pendapatan yang baik dan ini akan dibutuhkan industri korea Selatan jadi kita tawarkan produk kopi dan gula," ujar Santoso yang dikutip dari Kompas.com
--
Sumber : Kompas.com, Forbes

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini