Ketika Nama Buah Jadi Nama Tempat Mewah

Ketika Nama Buah Jadi Nama Tempat Mewah

Ilustrasi buah-buahan © kaskuspintar.web.id

Tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, tubuh yang sehat bisa didapat dengan mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna. Buah termasuk di dalamnya.

Selain memiliki rasa yang enak dan segar, buah juga mengandung banyak vitamin yang menunjang kesehatan tubuh. Seperti tomat yang kaya akan vitamin A sehingga baik untuk mata dan vitamin C yang banyak terkandung dalam jeruk, bermanfaat untuk imunitas tubuh.

Selain kaya akan tradisi dan kebudayaan, Indonesia juga memiliki buah-buahan khas yang tentunya menyehatkan. Uniknya, beberapa nama buah tersebut dijadikan nama jalan.

Buah Gandaria | Foto: deskgram.net

Gandaria, bukan hanya nama mal melainkan nama buah yang memiliki kulit ari dan biji yang berwarna ungu kemerahan. Buah ini tumbuh subur di wilayah Jawa dan Sumatra, Maret-Juni menjadi waktu berbuahnya.

Rasanya manis dan memiliki kandungan air cukup banyak. Buah Gandaria mengandung vitamin C yang baik untuk kulit dan kaya serat sehingga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Selain menjadi nama buah khas Indonesia, Gandaria juga dijadikan nama kelurahan di Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Kawasan ini memiliki penduduk yang cukup padat dan terdapat banyak pertokoan atau pusat perbelanjaan modern, seperti Gandaria City.

Menurut Buku 212 Asal Usul Djakarta Tempo Doeloe oleh Zaenuddin HM, nama tersebut diambil dari banyaknya pohon Gandaria (Bouea macrophylla griff) yang dahulu tumbuh di kawasan tersebut.

Buah Kemang | Foto: naviri.org

Selanjutnya kemang. Apa yang pertama kali terbayang dibenakmu? Mungkin tentang gaya hidup, tempat nongkrong, atau bahkan bahasa kesehariannya. Tetapi apakah kamu tahu asal-usul nama kawasan ini? Dahulu Kemang merupakan nama sebuah pohon yang banyak tumbuh di kawasan tersebut.

Hingga 1970 penduduk asli Kemang memiliki mata pencaharian sebagai petani atau berkebun. Dalam buah Kemang mengandung Fosfor, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, dan Protein, yang manfaatnya tidak usah diragukan lagi untuk kesehatan tubuh.

Rasanya yang manis menjadi nilai tambah, sayangnya saat ini buah Kemang cukup sulit ditemukan.

Buah Menteng | Foto: hanyzuyyina.com

Lalu Menteng, kawasan mewah tempat para pejabat bermukim ini ternyata menggunakan nama dari buah khas Indonesia. Buah dengan nama latin Baccaurea racemosa ini memiliki bentuk bulat dan kulitnya halus seperti Buah Duku.

Nama Menteng digunakan karena dahulu pohonnya tumbuh subur bahkan seperti hutan belantara. Buah menteng memiliki cita rasa asam dan mengandung banyak Vitamin C yang kaya baik untuk pencernaan serta kesehatan kulit.

Sumber: idntimes.com | jakarta.bisnis.com | poskotanews.com | fimela.com | pingpoint.co.id

Pilih BanggaBangga40%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi40%
Pilih TerpukauTerpukau20%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Tradisi Potong Jari, Mengerikan Tapi Penuh Makna Sebelummnya

Tradisi Potong Jari, Mengerikan Tapi Penuh Makna

Tahun 2025, Indonesia Ditargetkan Ekspor 1 Juta Mobil Selanjutnya

Tahun 2025, Indonesia Ditargetkan Ekspor 1 Juta Mobil

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.