Doso Agung: Pelindo III Borong Penghargaan Pelayanan Prima Sektor Transportasi

Doso Agung: Pelindo III Borong Penghargaan Pelayanan Prima Sektor Transportasi

Pelindo III Borong Penghargaan Pelayanan Prima Sektor Transportasi © Pelindo III

Kinerja pelayanan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III mendapatkan apresiasi dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub).

Apresiasi tersebut diwujudkan dalam bentuk penghargaan Pelayanan Prima Sektor Transportasi Tahun 2016, yang diberikan kepada 9 unit kerja di bawah Pelindo III.

Penyerahan penghargaan dilakukan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di Ruang Mataram Gedung Kementeriaan Perhubungan.

"Penghargaan ini kami berikan sebagai wujud terima kasih kami kepada operator-operator layanan transportasi di Indonesia yang telah memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat. Saya berharap penghargaan ini dapat menjadi motivasi untuk terus meningkatkan pelayanan publik di sektor perhubungan," katanya.

Secara keseluruhan, Pelindo III memperoleh 12 penghargaan dalam 2 kategori, yakni Pelayanan Prima Utama dan Pelayanan Prima Madya. Penghargaan kategori Pelayanan Prima Utama diberikan kepada Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak, PT Terminal Petikemas Surabaya, PT Berlian Jasa Terminal Indonesia, Terminal Petikemas Pelabuhan Banjarmasin, Pusat Pelayanan Satu Atap Pelabuhan Terminal Petikemas Semarang, dan Pusat Pelayanan Satu Atap Pelabuhan Tanjung Perak.

Sementara 6 penghargaan lainnya berupa pengahargaan Pelayanan Prima Madya diberikan kepada Terminal Penumpang Bandarmasih Pelabuhan Banjarmasin, Terminal Penumpang Pelabuhan Benoa, Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas, Terminal Penumpang Pelabuhan Sampit, Terminal Penumpang Pelabuhan Batulicin, Pusat Pelayanan Satu Atap Pelabuhan Banjarmasin,

"Kita tidak boleh lengah dan cepat puas, masyarakat memperhatikan dan mengharapkan pelayanan terbaik kita. Kalau perlu kita yang jemput bola, jangan hanya menunggu. Ingat tuntutan masyarakat atas perbaikan pelayanan publik yang diberikan akan sangat berimplikasi luas pada persepsi masyarakat terhadap kesungguhan pemerintah dalam memperbaiki pelayanan yang dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah," tambahnya.

Sekretaris Perusahaan Pelindo III, Yon Irawan, mengaku puas terhadap penghargaan Pelayanan Prima yang diperoleh Pelindo III. Menurutnya penghargaan tersebut merupakan buah dari kerja keras dan komitmen Pelindo III sebagai terminal operator pelabuhan.

"Komitmen ini harus tetap dijaga, saat ini kami bukan lagi regulator tetapi kami saat ini adalah operator. Dengan demikian kami adalah pelayan masyarakat, itu yang harus selalu ada dalam diri setiap insan Pelindo III," ujarnya.

Yon menyebut jika layanan Pelindo III yang memperoleh penghargaan tidak hanya sebatas pada pelayanan terminal penumpang. Beberapa pelayanan terminal peti kemas juga memperoleh penghargaan. Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa kinerja dan pelayanan petikemas di lingkungan Pelindo III berjalan dengan baik.

Hari ini sebanyak 117 Unit Pelayanan Publik (UPP) darat, laut, dan udara memperoleh penghargaan dari Kementerian Perhubungan. Penghargaan tersebut terbagi dalam 3 kategori yakni Pelayanan Prima Pratama, Pelayanan Prima Madya, dan Pelayanan Prima Utama.

Sebanyak 40 UPP mendapatkan Penghargaan Pelayan Prima Utama, 54 UPP Penghargaan Prima Madya, dan sebanyak 23 unit UPP mendapatkan Penghargaan Pelayanan Prima Pratama.

Kriteria penialaian didasarkan atas 9 hal meliputi, 1) visi-misi-motto, 2) standar pelayanan dan maklumat pelayanan, 3) sistem, mekanisme, dan prosedur, 4) sumber daya manusia, 5) sarana dan prasarana pelayanan, 6) penanganan pengaduan, 7) indeks kepuasan masyarakat, 8) sistem informasi pelayanan publik, 9) produktivitas dalam pencapaian target pelayanan.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Tulang Kambing untuk Obati Patah Tulang Manusia Sebelummnya

Tulang Kambing untuk Obati Patah Tulang Manusia

Tahun 2025, Indonesia Ditargetkan Ekspor 1 Juta Mobil Selanjutnya

Tahun 2025, Indonesia Ditargetkan Ekspor 1 Juta Mobil

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.