Nasi Kentut yang Memanjakan Lidah

Nasi Kentut yang Memanjakan Lidah
info gambar utama

Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khas yang masing-masingnya tidak pernah gagal menggoyang lidah. Beberapa kuliner bahkan tergolong unik cenderung ekstrem, misalnya Kopi Joss atau kopi arang khas Yogyakarta dan Ampo makanan yang terbuat dari tanah liat berasal dari Tuban.

Contoh di atas hanya merupakan camilan, sedangkan terdapat istilah yang berkembang bahwa orang Indonesia belum terasa makan kalau belum makan nasi. Good News from Indonesia (GNFI) ingin mengulas salah satu kuliner khas daerah yang tentunya mengenyangkan karena ada nasinya.

Nasi Kentut, eits tunggu, jangan merasa jijik dulu, ini tidak seperti yang kamu bayangkan. Kentut yang satu ini nikmat di mulut dan kenyang di perut.

Nasi Kentut | Foto: @ayuhtravel
info gambar

Nasi Kentut merupakan kuliner khas Medan yang tampilannya kurang lebih seperti nasi kucing. Biasanya disajikan bersama ikan pepes, ayam goreng, tahu atau tempe, dan sambal. Nama ‘kentut’ diambil dari daun yang digunakan untuk membungkus nasinya.

Tumbuhan asli Asia tropis yang memiliki nama ilmiah Paederia feotida, L. Merupakan tumbuhan merambat yang dapat hidup dengan baik di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Dinamakan kentut karena aromanya yang kurang sedap bila diremas secara langsung.

Daun kentut | Foto: Duta.co
info gambar

Tapi jangan lupakan khasiatnya, daun kentut mengandung zat aktif asam oleanolat, arbutin, dan alkaloid. Semua kandungan tersebut berguna untuk mencegah disentri, yakni penyakit yang menyerang saluran pencernaan, terutama usus besar.

Disentri disebabkan oleh bakteri bernama Shigella dysentriae, bakteri tersebut dapat terbunuh oleh kandungan zat yang ada dalam daun kentut. Selain obat disentri, daun kentut juga bisa mengobati sakit lambung dan perut kembung, dan sariawan.

Meraciknya sangat mudah, dengan menumbuk beberapa gram daun yang masih segar lalu ditambahkan dengan satu mangkuk air, disaring kemudian ditambahkan garam sebanyak 1-2 sendok teh, diminum sebelum makan.

Daun Kentut | Foto: Wikipedia
info gambar

Cara membuat nasi kentut sangat mudah, kamu hanya perlu mencampur nasi dengan daun kentut, lalu bungkus menggunakan daun pisang dan dikukus.

Untuk dapat merasakan kenikmatan nasi kentut, kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena harganya berkisar dari Rp 5.000-15.000 saja.

Sumber: nusantaratv.com | satuharapan.com | idntimes.com | cookpad.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NC
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini