Nasi Kentut yang Memanjakan Lidah

Nasi Kentut yang Memanjakan Lidah

Nasi kentut © travellingyuk.com

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khas yang masing-masingnya tidak pernah gagal menggoyang lidah. Beberapa kuliner bahkan tergolong unik cenderung ekstrem, misalnya Kopi Joss atau kopi arang khas Yogyakarta dan Ampo makanan yang terbuat dari tanah liat berasal dari Tuban.

Contoh di atas hanya merupakan camilan, sedangkan terdapat istilah yang berkembang bahwa orang Indonesia belum terasa makan kalau belum makan nasi. Good News from Indonesia (GNFI) ingin mengulas salah satu kuliner khas daerah yang tentunya mengenyangkan karena ada nasinya.

Nasi Kentut, eits tunggu, jangan merasa jijik dulu, ini tidak seperti yang kamu bayangkan. Kentut yang satu ini nikmat di mulut dan kenyang di perut.

Nasi Kentut | Foto: @ayuhtravel

Nasi Kentut merupakan kuliner khas Medan yang tampilannya kurang lebih seperti nasi kucing. Biasanya disajikan bersama ikan pepes, ayam goreng, tahu atau tempe, dan sambal. Nama ‘kentut’ diambil dari daun yang digunakan untuk membungkus nasinya.

Tumbuhan asli Asia tropis yang memiliki nama ilmiah Paederia feotida, L. Merupakan tumbuhan merambat yang dapat hidup dengan baik di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Dinamakan kentut karena aromanya yang kurang sedap bila diremas secara langsung.

Daun kentut | Foto: Duta.co

Tapi jangan lupakan khasiatnya, daun kentut mengandung zat aktif asam oleanolat, arbutin, dan alkaloid. Semua kandungan tersebut berguna untuk mencegah disentri, yakni penyakit yang menyerang saluran pencernaan, terutama usus besar.

Disentri disebabkan oleh bakteri bernama Shigella dysentriae, bakteri tersebut dapat terbunuh oleh kandungan zat yang ada dalam daun kentut. Selain obat disentri, daun kentut juga bisa mengobati sakit lambung dan perut kembung, dan sariawan.

Meraciknya sangat mudah, dengan menumbuk beberapa gram daun yang masih segar lalu ditambahkan dengan satu mangkuk air, disaring kemudian ditambahkan garam sebanyak 1-2 sendok teh, diminum sebelum makan.

Daun Kentut | Foto: Wikipedia

Cara membuat nasi kentut sangat mudah, kamu hanya perlu mencampur nasi dengan daun kentut, lalu bungkus menggunakan daun pisang dan dikukus.

Untuk dapat merasakan kenikmatan nasi kentut, kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena harganya berkisar dari Rp 5.000-15.000 saja.

Sumber: nusantaratv.com | satuharapan.com | idntimes.com | cookpad.com

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang13%
Pilih Tak PeduliTak Peduli13%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi13%
Pilih TerpukauTerpukau63%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Bioskop Rakyat Hadir di Jakarta Sebelummnya

Bioskop Rakyat Hadir di Jakarta

Kontingen Garuda UNIFIL Bantu Korban Ledakan Beirut, Lebanon Selanjutnya

Kontingen Garuda UNIFIL Bantu Korban Ledakan Beirut, Lebanon

Novita Caesaria
@_novitacaesaria

Novita Caesaria

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.