Enam Kota Tempat Berdirinya Patung Jenderal Sudirman

Enam Kota Tempat Berdirinya Patung Jenderal Sudirman
info gambar utama

Berbicara mengenai pahlawan Indonesia tentu tak luput dari sosok pemberani pemimpin Perang Gerilya, yakni Jenderal Sudirman.

Jenderal Sudirman lahir pada tanggal 24 Januari 1916. Lahir di Desa Bodas Karanjati, Purbalingga, Jawa Tengah dengan nama Soedirman atau akrab dipanggil dengan sebutan Pak Dirman. Jenderal Sudirman merupakan panglima dan Jenderal RI yang pertama dan termuda. Ia ditetepakan menjadi jenderal pada usia 31 tahun.

Sumber: roomdecade.org
info gambar

Masa muda Jenderal Sudirman disibukkan dengan mengikuti berbagai kegiatan bela Tanah Air, salah satunya yaitu bergabung dengan Tentara Pembela Tanah Air (PETA).

Memiliki sikap yang tegas dan pemberani, Jenderal Sudirman berhasil merebut senjata pasukan Jepang di Banyumas pada saat pertempuran melawan Jepang.

Pada tanggal 2 November 1945, Jenderal Sudirman terpilih menjadi Panglima Besar TKR/Panglima Angkatan Perang Republik Indonesia. Kemudian pada tanggal 18 Desember 1945 ia diangkat menjadi Jenderal, gelar tersebut diberikan atas prestasi dan perjuangan yang telah ia sumbangkan.

Salah satu perjuangan Jenderal Surdirman yang paling diingat di benak masyarakat yaitu di saat Agresi Militer II Belanda kota-kota besar di Indonesia telah dikuasai, Jenderal Sudirman berangkat memimpin pasukan untuk melakukan Perang Gerilya.

Walaupun pada saat itu sang jenderal sedang sakit TBC sehingga paru-paru yang dapat bekerja hanya satu. Namun, dengan kegigihannya Jenderal Sudirman tetap memimpin pasukan selama kurang lebih 7 bulan, dengan ditandu dan berpindah-pindah dari gunung dan hutan akibat kejaran Belanda.

Suasana pemakaman Jenderal Sudirman l Sumber: matapadi
info gambar

Setelah bertahan dari penyakitnya yang semakin memburuk, Jenderal Sudirman menghembuskan napas terakhir pada tanggal 29 Januari 1950. Jenazahnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara di Semaki, Yogyakarta.

Walaupun telah wafat, ia tetap mendapat gelar sebagai Jenderal Besar Anumerta dengan bintang lima pada tahun 1997. Pangkat tersebut hanya dimiliki oleh tiga orang di Indonesia.

Sebagai upaya menghargai dan mengenang jasa Jenderal Sudirman maka didirikanlah patung Jenderal Sudirman di beberapa kota antara lain:

Jakarta

Patung Jenderal Sudirman di Jakarta l Sumber: oomph.co.id
info gambar

Patung Jenderal Sudirman yang didirikan di Jakarta terletak di Kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Patung yang memiliki tinggi sekitar 12 meter tersebut dibuat dari perunggu oleh Edi Sunaryo yang merupakan seniman dari Bandung. Patung ini diresmikan pada tahun 2013 dan masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Surabaya

Patung Jenderal Sudirman di Surabaya l Sumber: aroengbinang
info gambar

Kota yang memiliki julukan Kota Pahlawan ini juga memiliki monumen Jenderal Sudirman, patung tersebut terletak di Jl. Yos Sudarso berhadapan langsung dengan Monumen Bambu Runcing.

Pacitan

Patung Jenderal Sudirman di Pacitan l Sumber: Fajar Pambuko
info gambar

Tak hanya didirikan di kota-kota besar, patung Jenderal Sudirman juga didirikan di Pacitan tepatnya di Kecamatan Nawangan. Letak patung Jenderal Sudirman berada persis di saat Jenderal Sudirman sedang melakukan taktik Perang Gerilya.

Yogyakarta

Patung Jenderal Sudirman di Museum Sasmitaloka Panglima Besar Jenderal Sudirman di Yogyakarta l Sumber: Suwandi
info gambar

Patung Jenderal Sudirman tak hanya ada satu di kota ini, namun ada di beberapa tempat seperti Benteng Vredeburg, Jalan Malioboro, Museum Sasmitaloka Panglima Besar Jenderal Sudirman, dan di depan Gedung DPRD DIY. Patung Jenderal Sudirman masih terlihat kokoh di setiap tempatnya.

Alor

Patung Jenderal Sudirman di Alor l Sumber: tripadvisor.com
info gambar

Patung yang diresmikan pada tahun 2011 ini memiliki simbol kedaulatan Tanah Air. Patung Jenderal Sudirman didirikan di Desa Maritiang yang merupakan perbatasan wilayah darat Indonesia dengan Timor Leste. Patung tersebut memiliki tinggi 7 meter.

Purwokerto

Patung Jenderal Sudirman di Universitas Jenderal Sudirman, Purwokerto l Sumber: dok.unsoed
info gambar

Berbeda dari lima kota sebelumnya, di Purwokerto patung Jenderal Sudirman tidak berdiri di pusat keramaian kota, melainkan berdiri di kawasan kampus yakni Universitas Jenderal Sudirman. Patung tersebut berada di halaman kampus yang luas sehingga dapat terlihat saat memasuki wilayah kampus.


Catatan kaki: notepam.com l jakarta-tourism.go.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AP
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini