Potret Indonesia Dari Antariksa

Potret Indonesia Dari Antariksa

Kota Semarang tampak dari angkasa © Sumber: YouTube

Satelit antariksa yang beredar di orbit luar angkasa mengirimkan temuannya yang berisikan potret geografis Indonesia yang menawan. Berkat kiriman temuan satelit luar angkasa tersebut kita mampu melihat bagaimana Indonesia, negara kepulauan ini tampak dari atas.

Melalui Kompas.com berikut 7 potret wilayah di Indonesia yang tertangkap satelit:

  1. Kota Semarang

Diabadikan oleh Badan Antariksa Eropa (ESA) melalui satelit bernama Copernicus Sentinel-2B. Penampakan Kota Semarang tersebut disebarkan pada November 2018 lalu melalui sebuah video berdurasi 2 menit 37 detik yang merupakan sebuah proyek yang digagas oleh ESA dibawah tajuk Earth from Space atau Bumi melalui Ruang Angkasa. Dalam video tersebut tampak persebaran pemukiman di Kota Semarang.

Kota Semarang tampak dari angkasa | Sumber: YouTube

2. Lumpur Lapindo

Satelit milik NASA menangkap lagi penampakan kawasan terendam lumpur di daerah Sidoarjo Jawa Timur pada Juni lalu. Terlihat bagaimana daerah coklat gelap mengandung lumpur cair baru yang muncul dipermukaan. Sedangkan daerah berwarna keabu-abuan menunjukkan lumpur yang telah mengering di permukaan.

Kawasan Lumpur Lapindo | Sumber: NASA

3. Danau Kelimutu

Salah satu fenomena alam unik yang dimiliki Indonesia terletak di Danau Kelimutu yang rupanya juga menarik badan antariksa internasional untuk mengabadikannya dari angkasa. Di tahun 2014 saja, danau tersebut difoto sebanyak dua kali menggunakan Operational Land Imager (OLI) yang ada di satelit landsat 8. Foto terbarunya diambil pada April 2017 silam.

Danau Kelimutu | Sumber: Kompas

4. Puncak Jaya, Papua

Puncak Jaya, Papua Sebuah penampakan yang dirilis NASA pada 2017 silam mungkin akan membuat Anda menahan napas. Pasalnya, dalam artikel tersebut menunjukkan bagaimana perubahan yang terjadi di Papua 30 tahun terakhir, terutama di wilayah Tambang Grasberg.

Tambang Grasberg adalah salah satu tambang emas terbesar di dunia. Melalui OLI, NASA mengabadikan beda yang terjadi di wilayah tersebut tahun 1988 dan 2017. Tak hanya menunjukkan perbedaan keadaan penambangan di wilayah itu, kedua foto ini memperlihatkan keadaan gletser di Puncak Jaya. Terlihat bahwa Puncak Jaya kehilangan es-nya dalam jumlah yang signifikan.

Foto satelit Puncak Jaya 1988 | Sumber: Kompas
Foto satelit Puncak Jaya 2017 | Sumber: Kompas

5. Letusan Gunung Sinabung

Gunung Sinabung aktif meletus secara sporadis sejak tahun 2010 lalu setelah 4 abad lamanya tak nampak beraktivitas. Tahun lalu tepatnya 19 Februari 2018, gunung yang terletak di Pulau Sumatra ini memuntahkan abunya setinggi 7 kilometer ke udara. Momentum tersebut direkam oleh piranti MODIS milik satelit NASA.

Letusan Sinabung 2018 | Sumber: Kompas

6. Gunung Anak Krakatu

Indonesia memang dianugerahi dengan banyaknya gunung berapi di daratannya. Salah satunya ialah Gunung Anak Krakatau yang tertangkap kamera pada 22 September 2018 lalu oleh satelit milik Badan Antariksa AS yakni NASA, The Moderate Resolution Imaging Spectrodiometer (MODIS).

Letusan Gunung Anak Krakatu | Sumber: Kompas

7. Pulau Mirip Siput

Salah satu dari ribuan pulau yang ada di Indonesia diabadikan oleh astronot yang tengah bertugas di ISS pada tahun 2013 lalu. Sang astronot bernama Chris Hadfield tersebut membagikan foto tersebut di akun twitternya.



Catatan kaki: Kompas.com

Pilih BanggaBangga27%
Pilih SedihSedih3%
Pilih SenangSenang23%
Pilih Tak PeduliTak Peduli3%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau43%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Bank Syariah Asal Indonesia Borong Penghargaan Internasional Sebelummnya

Bank Syariah Asal Indonesia Borong Penghargaan Internasional

Imbas Kemacetan dan Efeknya ke Daya Saing Selanjutnya

Imbas Kemacetan dan Efeknya ke Daya Saing

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.