Akan dibangun Jembatan Indonesia - Singapura, Kapan?

Akan dibangun Jembatan Indonesia - Singapura, Kapan?
info gambar utama

Indonesia memiliki rencana untuk membangun jembatan laut terpanjang tahun depan. Jembatan ini bertujuan untuk menghubungkan dua pulau di dekat Singapura.

Jembatan sepanjang 7 kilometer akan menghubungkan Batam dan Bintan dengan memakan anggaran Rp 4 triliun. Proyek jembatan ini rencananya akan dimulai pada 2020 dan membutuhkan waktu 4 tahun untuk menyelesaikannya.

Pembangunan ini bertujuan untuk memangkas biaya logistik, meningkatkan konektivitas dan meningkatkan pariwisata di daerah tersebut.

Basuki Hadimuljono, selaku Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjelaskan bahwa penganggaran tersebut berlangsung dengan skema multiyears contract, namun tergantung pada hasil Detail Engineering Design (DED).

Dikutip dari Bloomberg, Edy Putra Irawady, selaku Kepala Badan Pengembangan Batam mengatakan Indonesia sedang mengembangkan wilayah Batam untuk menarik peluang yang berpotensi timbul dari ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan China.

Jembatan tersebut juga akan melengkapi dan meningkatkan lalu lintas penumpang udara dengan membangun terminal kelima untuk Bandara Changi, Singapura.

--

Sumber : SindoNews, Tempo.co, Bloomberg, CNBC Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini