Ikan Arwana "Si Raja Ikan Hias" Asli Indonesia

Ikan Arwana "Si Raja Ikan Hias" Asli Indonesia
info gambar utama

Siapa sih yang tidak mengetahui jenis ikan hias ini. Ikan yang satu ini sangatlah populer di kalangan para pencinta ikan hias di Indonesia ataupun internasional, karena ikan ini mempunyai corak yang unik dan gerakan yang sangat menawan jika sedang berenang.

Walaupun banyak yang mengatakan ikan arwana berasal dari Australia, namun Indonesia mempunyai jenis ikan arwana yang sangat menawan dan banyak sekali diincar oleh para penggemarnya.

Ada beberapa jenis ikan arwana yang berasal dari Indonesia, untuk yang pertama yaitu ikan arwana merah atau nama ilmiahnya Scleropages legendrei.

Ikan Arwana merah ini ditemukan di Kalimantan Barat tepatnya di Sungai Kapuas dan Danau Sentaru. Di sana juga termasuk habitat dari ikan super red. Kawasan sungai tersebut sangat tepat untuk ikan arwana karena termasuk hutan gambut.

Ikan arwana merah
info gambar

Perubahan bentuk dan warna dari ikan arwana merah ini disebabkan dari kandungan mineral, dan banyaknya makanan yang ada di perairan di Indonesia yang menyebabkan perubahan bentuk yang lebih besar seperti di bagian kepala juga warnanya yang lebih pekat.

Bentuk dari ikan arwana super red ini juga berbeda dari ikan arwana lain, yaitu mempunyai kepala yang berbentuk seperti sendok, badan yang lebih besar, dan untuk warna merahnya juga sudah ada saat arwana ini masih muda yang ada di tubuhnya juga sampai pada sirip dan juga sungut dari ikan ini.

Saat sudah dewasa warna merah ikan arwana ini akan sampai ke bagian tutup insang, dan ada pada pinggiran sisik.

Harga dari ikan arwana merah termasuk yang paling maha. Untuk harga termurah saja berkisar Rp 2 juta sampai Rp 3 juta itupun untuk yang anakan. Untuk yang dewasa bisa mencapai Rp 48.000.000. Hewan air ini juga termasuk langka, jadi tidak dipungkiri harganya sangat fantastis.

Ikan Arwana Red Tail
info gambar

Selain ikan arwana super red Indonesia juga mempunyai ikan arwana asli Indonesia yaitu ikan arwana golden red tail atau juga disebut dengan Indonesian Golden Arwana.

Ikan arwana jenis ini mudah ditemukan di Pekanbaru, Sumatra. Ikan ini mempunyai warna emas di bagian punggung, tepatnya pada bagian sisik baris ke-empat.

Keunikan lain dari ikan arwana golden red tail ini juga mempunyai warna ekor yang berwarna merah. Untuk ukuran ikan arwana golden red tail berkisar 12 cm dengan harga Rp 2 juta dan untuk ikan arwana golden red tail yang berukuran 20 cm sampai 25 cm berkisar Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta.

Jika kita bisa membudidayakan ikan arwana asli Indonesia ini, pasti Indonesia akan menjadi sumber ikan hias terbaik atau Indonesia bisa menjadi "Raja Sumber Ikan Hias".

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

II
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini