Bekal Ilmu di SMKN 3 Mandau Antarkan Fajar Juara 3 Nasional

Bekal Ilmu di SMKN 3 Mandau Antarkan Fajar Juara 3 Nasional
info gambar utama

Berbekal ilmu yang didapat di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Mandau, Kabupaten Bengkalis, Fajar Ramadhan berhasil meraih predikat juara 3 tingkat Nasional dalam lomba Kompetensi Siswa (LKS) tahun 2019 di Yogyakarta.

Fajar merupakan salah satu dari 19 siswa yang diutus Pemerintah Provinsi Riau untuk mengikuti event nasional tersebut. Tahun ini, Yogyakarta menjadi tempat bersaing bagi 759 siswa SMK dari 34 provinsi unjuk kemampuan di 32 bidang pekerjaan.

Fajar sendiri, merupakan siswa SMKN 3 Mandau yang bertanding dalam cabang Meteorologi.

Terlahir dari keluarga sederhana, rupanya tak menyurutkan semangatnya dalam menuntut ilmu. Ayahnya seorang tukang bangunan dan ibunya penjual kerupuk keliling.

Jiwa semangat Fajar telah terbentuk dari mulai kelas sepuluh di SMK Negeri 3 Mandau, terbukti dari prestasi-prestasi yang diraihnya seperti juara 1 dalam bidang akademik di kelasnya.

Gambar untuk caption
info gambar

Sambil terharu, dia mengungkapkan terima kasih setulus hatinya kepada semua pihak yang mendukung, terkhusus kepada Bapak Agus Subagiyo ST.,M.Si selaku Kepala Sekolah yang telah mendukung motivasi, materi dan doa.

Kebahagiaan yang tak terhingga baginya, tidak lupa juga dia mengucapkan terima kasih kepada Bapak Rudi Romansyah dan Bapak Suwondo selaku guru pembimbing.

"Intinya saya sangat bangga dengan SMK Negeri 3 Mandau karena mendukung kegiatan positif siswa-siswinya," kata Fajar.

Berkat kompetensinya yang mumpuni, siswa yang tingal di Desa Balai Makam, Kecamatan Bathin Solapan ini akan melanjutkan perjuangannya meraih cita-cita sebagai insinyur di Jurusan Teknik Mesin di Universitas Diponegoro Semarang.

"Alhamdulillah lulus melalui seleksi SNMPTN, terima kasih doa dari semua pihak," ujar dia.

Pihak sekolah sangat bangga dengan prestasi yang diraih. Meraih juara 3 cabang Meteorologi Tingkat Nasional itu tidaklah mudah. Keberhasilan ini telah mampu mengharumkan SMK Negeri 3 Mandau, Kabupaten Bengkalis dan Provinsi Riau.

"Meraih prestasi ini tidak dapat dicapai tanpa latihan dan doa yang sungguh-sungguh," ungkap Kasek SMKN 3 Mandau, Agus Subagiyo ST, M.Si.

Kasek berharap, keberhasilan Fajar Ramadhan akan menjadi motivasi dan contoh positif bagi siswa lainnya, bahwa kekurangan ekonomi bukanlah tembok kegagalan untuk berprestasi.

"Pihak sekolah akan terus memperbaiki sistem manajemen pendidikan, ekstrakurikuler, dan kualitas pendidik untuk bisa lebih baik lagi," ungkapnya.

Gambar untuk caption
info gambar

SMK Negeri 3 Mandau adalah sekolah yang baru berdiri Tahun 2013, namun telah memiliki banyak prestasi yang membanggakan. Prestasi-prestasi tersebut adalah hasil komitmen bersama antara Kepala Sekolah dan Guru dalam memajukan dunia pendidikan.

Prestasi juara 3 cabang Meteorologi SMK Tingkat Nasional yang diraih Fajar telah menjadi catatan sejarah yang membanggakan bagi SMK Negeri 3 Mandau.

SMK tersebut berkomitmen akan berprestasi dalam akademik dan ekstrakurikuler, serta yang paling utama unggul dalam akhlak.

Untuk menjadikan SMK Negeri 3 Mandau berpretasi dalam akademik, Kepala Sekolah selalu memotivasi Kepala Program Studi untuk mampu melakukan terobosan-terobosan baru dalam program kejuruan yang disusunnya, seperti mendatangkan guru tamu dari dunia industri, magang guru untuk meng-update ilmu, menerapkan program Teaching Factory, dan studi banding ke lapangan bersama siswa.

"Kegiatan-kegiatan seperti ini akan mampu meningkatkan kompetensi kejuruan siswa sehingga siswa siap pakai dalam dunia kerja," kata Kasek, Agus Subagiyo.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

PS
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini